Share

Kenali Fungsi Gardan Mobil, Berikut Cara Deteksi Kerusakannya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 52 2538031 kenali-fungsi-gardan-mobil-berikut-cara-deteksi-kerusakannya-9WeHsMz9Br.jpg Ilustrasi (Foto suzuki.co.id)

GARDAN mobil merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan. Terlebih pada mobil yang menggunakan penggeran Rear Wheel Drive (RWD) dan 4 WD. Pasalnya gardan memiliki fungsi penting untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang mobil.

Sebab banyak orang yang beranggapan bahwa mobil dapat berjalan berkat daya bantu gerak dari mesin. Padahal ada peran gardan yang berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin tersebut.

Baca juga: Kenapa Ganti Oli Gardan Mobil Harus Dilakukan Secara Rutin? Ini Penjelasannya

Mengenal Gardan Mobil

Jadi bagi yang belum mengetahui bahwa gardan mobil berasal dari kata cardan. Nama Cardan memiliki sebuah arti yakni roda gigi khusus yang berbentuk kerucut. Namun berbeda ditanah air kata cardan akhirnya lebih disebut dengan gardan mobil.

Fungsi Gardan mobil

Komponen satu ini memiliki fungsi yang sangat krusial bagi sebuah kendaraan bermobil. Pasalnya gardan memiliki fungsi sebagai alat yang memberikan perbedaan putaran antara kedua roda. Maka dari itu gardan memiliki tugas khusus untuk memindahkan tenaga dari mesin ke poros bagian roda mobil.

Selain itu gardan berfungsi sebagai meningkatkan tenaga putar dan momen. Hal itu berkat komponen differential atau gardan yang bertugas untuk mengirimkan tenaga mesin keporos roda.

Baca juga: Punya Kekayaan Rp85 Miliar, Ini 8 Koleksi Mobil Bupati Langkat yang Diciduk KPK

Komponen gardan mobil

Dikarenakan tugasnya sebagai memindahkan tenaga dari poros bagian roda mobil maka terdapat komponen pendukung lainnya, diantara lain terdapat : Differential Case Carrier, Axle Housing, Side Gear, Ring Gear, Drive Pinion shaft, Axle Shaft, Bevel Pinion Housing, Drive pinion Gear, Drive Pinion shaft, Oil Filter Plu, Adjuster Nut, Oil Drain Plug, Bearing, Breather Plug, Sim Dan Spacer, Gasket Dan Seal Oil

Ciri- ciri gardan rusak

Siapa sangka jika gardan mobil sendiri seiring pemakaian dapat berkurang performanya dan dapat rusak. Berikut ciri-ciri gardan mobil rusak:

1. Oli netes dari gardan

Oli yang menetes dari bawan mesin tentu membuat pemilik mobil panik. Namun jangan khawatir, jika netes oli berasal dari gardan maka terdapat 2 kemungkinan, yakni drat baut yang sudah jelek dan mesti lakukan penggantian atau tap oli yang posisinya kurang kenceng sehingga oli mudah rembes.

ilustrasi

2. Suara berdengung saat jalan

Ciri-ciri yang kedua yang dapat Anda rasakan yakni gardan muncul suara berdengung. Sebaiknya Anda lakukan pengecekan dengan teliti yakni dengan mengendarai dijalan tol dalam posisi ngebut sembari membuka kaca.

Ketika tiba-tiba Anda mendengar suara dengungan kasar dan kencang pada bagian belakang maka gardan mengalami kerusakan. Segera lakukan perbaikan ke bengkel terdekat.

3. Gardan mobil bergetar

Apabila mobil Anda ditemukan gardan yang bergetar maka disinyalir terjadi masalah. Umumnya sering temui bahwa gardan yang bergetar disebabkan oleh kerusakan leher gardan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini