Share

Cara Atasi Ban Tubeless Bocor di Jalan, Perhatikan 4 Hal Ini!

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 87 2538749 cara-atasi-ban-tubeless-bocor-di-jalan-perhatikan-4-hal-ini-eAnNqJKKRp.jpg Ilustrasi ban (freepik)

Ban tubeless mengalami bocor dijalan merupakan salah satu hal yang cukup merepotkan. Pasalnya hal ini membuat perjalanan dan aktivitas kamu menuju tempat tujuan menjadi terhambat.

Namun, tak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan sebuah alat yang murah dan mudah serta ditemukan di toko otomotif maupun marketplace untuk mengatasinya. Sebaiknya simpan alat tersebut didalam bagasi  untuk menanganan darurat.

Berikut cara atasi ban tubeless bocor di jalan:

1. Persiapkan alat

Carilah di toko otomotif terdekat alat bernama tire repair kit. Alat itu merupakan satu kesatuan dalam menambal ban dengan mudah. Alat tersebut juga terhitung murah dan tidak merepotkan kamu untuk mencari tukang tambal ban yang tidak tau dimana letak posisinya.

 infografis

2. Cari titik bocor gunakan air atau sabun

Caranya kamu tinggal mempompa ban kembali lalu siramkan ban yang bocor dengan air atau sabun. Apabila terdapat gelembung di alas ban maka itulah titik sumber kebocoran ban.

3. Bersihkan dinding ban

Cara ketiga selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan penbersihan ban. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan pengerjaan dalam melakukan tambal ban. Kondisi ban yang bersih akan dapat terlihat makin jelas titik bocornya ban.

4. Gunakan tire repair kit untuk menambal

Kamu dapat gunakan perangkat tire repair kit yang sudah dipersiapkan. Lalu dalam menambal ban gunakan Anda memerlukan setidaknya 3 alat yang terdiri dari fixing hook (pengait), dan fix glue (lem ban), yaitu patching rubber (karet penambal).

Cara pertama, kamu bisa gunakan rubber patching lalu selipkan karet pada lubang yang terdapat pengait. Masukan sampai menyentuh separuh bagian karet

Cara kedua, kemudian oleskan lem pada karet tersebut hingga rata. Lalu kamu dapat tusukan pada titik bagian yang bocor menggunakan fixong hook yang sudah dipasangkan karet.

Cara ketiga, setelah itu kamu diharapkan dengan cepat menarik pengait itu sampai karet terlepas dari alat. Pastinya terdapat karet yang masih tesisa yang menggantung pada ban, kemudian setelahnya Anda bisa gunting karet yang tersisa itu tadi sampai terlihat rapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini