Share

Catat! Ini 6 Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 52 2539297 catat-ini-6-tips-menghindari-kecelakaan-di-jalan-tol-OP9BQY1lHb.jpg Mobil Pajero Sport milik Vanessa Angel usai kecelakaan di Tol Jombang (Istimewa)

KECELAKAAN di jalan tol sering terjadi disebabkan oleh banyak faktor baik dari segi kendaraan, kelalaian manusia termasuk pengendara lain yang kurang hati-hati dan lainnya. Tapi sebenarnya kecelakan bisa dihindari dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Pastikan mobil dalam kondisi baik terawat

Hal pertama dalam menghindari kecelakaan dalam berkendara yakni dengan memastikan mobil dalam keadaan sehat. Sebab mobil yang sehat dan terawat akan memaksimalkan seluruh komponennya dapat berfungsi normal.

Baca juga: Naik Mobil dari Jakarta ke Bandung, Segini Biaya Tarif Tolnya

Mobil dalam kondisi baik tidak hanya nyaman digunakan akan tetapi juga aman dikendarai dan meminimalisr resiko kecelakaan. Pastikan seluruh kelistrikan, mesin, pendingin dapat berjalan dengan normal.

2. Persiapkan kondisi fisik saat berkendara

Tips yang kedua untuk menghindari kecelakaan ternyata tidak hanya dari kendaraan yang digunakan, akan tetapi pengendara juga perlu dipersiapkan kondisinya.

Pastikan beristirahat dahulu sebelum berkendara. Itu untuk memastikan badan cukup tenaga dan dapat fokus mengendarai sampai tempat tujuan dengan selamat.

Hindari melakukan kegiatan yang membahayakan di dalam mobil seperti berkendara dalam keadaan mabok, merokok di jalan, ngantuk saat berkendara.

3. Patuhi batas kecepatan di jalan tol

Perlu Anda ketahui bahwa meskipun jalan toll terkadang memacu adrenalin untuk menarik gas dalam-dalam namun hal ini jangan dilakukan. Hal itu dikarenakan bahwa jalan tol memiliki batas kecepatan yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Video Truk Ambil Jalur Kanan ketika di Tol, Cek Aturan Berkendaranya

Peraturan itu dibuat untuk keselamatan dan mengurangi potensi kecelakaan akibat kendaraan yang berpacu dalam kecepatan tinggi. Umumnya batas kecepatan maksimal di jalan toll antara 60-100km/jam.

4. Jaga emosi saat berkendara

Selain badan dan fisik yang perlu dipersiapkan dalam berkendara , ternyata emosi juga perlu dijaga. Cara ini dilakukan untuk membuat kondisi jalan tol menjadi kondusif dan lancar. Namun apabila Anda berkendara dengan emosi maka berpotensi menyebabkan terjadinya resiko kecelakaan. Tidak hanya utuk Anda tetapi juga berbahaya bagi pengendara lainnya.

5. Jaga jarak aman

Tips menghindari kecelakaan dijalan toll selanjutnya yaitu dengan mengemudi dengan menjaga jarak aman. Cara ini dilakukan untuk memberikan ruang dan momentum untuk melakukan pengereman yang responsif secara mendadak, serta memberikan peluang untuk Anda berpindah jalur dengan aman.

Cara menjaga jarak paling aman jika Anda berkendara dengan kecepatan 100km/jam, maka jaga jarak dengan mobil depan sekitar 100 meter. Apabil Anda berkendara dengan kecepatan 80km/jam maka sediakan ruang 80meter di mobil depan.

Ilustrasi

6. Jangan bermanuver ekstrem

Kecelakaan sering terjadi akibat mobil yang bermanver ekstrim secar tiba-tiba. Kondisi seperti ini akan membuat kaget pengendara lain dan kehilangan fokusnya untuk menyelamtakan diri. Maka dari itu hindari bermanuver dengan ekstrem. Sebaiknya lakukan ancang-ancang dengan memberi tanda lampu sein untuk berpindah jalur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini