Share

3 Cara Bayar Tol Tanpa Henti alias Nirsentuh

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 52 2539330 3-cara-bayar-tol-tanpa-henti-alias-nirsentuh-yL17kvWODd.jpg Gerbang Tol Paliman (Antara)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mulai menerapkan sistem pembayaran tol nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF).

Hal ini menjadi salah satu bentuk inovasi baru, di mana sistem tanpa sentuh ini memiliki keuntungan mulai dari segi waktu, kenyamanan, keamanan dan juga efisensi bahan bakar.

Pasalnya berawal dari pembayaran tarif tol menggunakan uang tunai yang memakan waktu 10 detik. Lalu saat ini berkembang dengan menggunakan kartu elektronik yang memakan waktu 4 detik.

Teknologi pembayaran tol nirsentuh ini nantinya dibuat untuk mempersingkat waktu pembayaran pada sistem kartu elektronik yang saat ini diterapkan. pengemudi tidak perlu membuka kaca dan memberhentikan kendaraan. Maka dari itu teknologi nirsentuh garapan Hungaria ini dinilai praktis.

Dalam mengimplementasikannya akan ada 41 ruas jalan tol akan mulai diujicobakan sistem bayar tol tanpa berhenti. Lalu yang menjadi pertanyaanya bagaimanakah proses transaksi untuk dapat mengakses jalan toll tanpa sentuh?

Beriku 3 cara pembayaran tol tanpa sentuh :

1. Menggunakan aplikasi

Cara pembayaran tol nirsentuh yang pertama yakni dengan menggunakan teknologi berbasis aplikasi bernama e- On Board Unit . Aplikasi tersebut dapat Anda download pada smartphone pintar mulai Juli 2022. Aplikasi ini secara otomatis akan terintegrasi dengan pembayaran sistem jalan tol.

2. Menggunakan On Board Unit (OBU)

Cara kedua yang dapat Anda lakukan selaku pemilik kendaraan yakni melengkapi On Board Unit (OBU). Alat ini harus terpasang pada kendaraan supaya dapat terhubung langsung untuk melakukan pembayaran dan transaksi tol.

Namun sayangnya untuk cara kedua ini cukup merogoh kocek. Sebab harga OBU itu sendiri yang lumayan mahal.

 Ilustrasi

3. Electronic route ticket

Cara ketiga yakni dengan menggunakan tiket untuk sekali perjalanan. Hal ini ditujukan untuk pengendara yang menggunakan toll sesuai kebutuhan.

Jadi cara ketiga ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan perjalanna rute sekali jalan menggunakan tol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini