Share

Inilah Nusa Khatulistiwa Motor Sport Listrik Buatan Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya!

Antara, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 53 2540512 inilah-nusa-khatulistiwa-motor-sport-listrik-buatan-indonesia-berikut-spesifikasi-dan-harganya-Jpz85W7AyU.jpeg Nusa Khatulistiwa, motor sport listrik buatan Indonesia (Antara)

DOMEX Mandey dan Tomi Gunawan membuat sepeda motor listrik bernama Nusa Khatulistiwa (Nusa_K) dengan mengusung desain motor sport yang telah mereka kembangkan sejak 2020.

Domex dan Tomi menggunakan nama Nusa, karena kedua pendiri itu ingin motor listrik tersebut menonjolkan ciri khas Indonesia, salah satunya melalui nama.

 BACA JUGA: Canggihnya Sepeda Motor Listrik Ini Bisa Dilipat Jadi Tas Koper

Nusa akan diproduksi di dalam negeri, mulai dari desain, sasis dan komponen lainnya. Adapun komponen yang masih didatangkan dari luar negeri adalah baterai dan motor penggerak.

"Bagi saya, Nusa adalah suatu titik awal di mana dua orang pemuda dengan segala keterbatasannya berani menantang ketidakmungkinan menjadi mungkin. Banyak orang bermimpi tapi jarang yang tersadar untuk memulai dan membangun. Nusa kami bangun untuk menjadikan suatu titik baru dari industri otomotif yang didirikan oleh dua anak bangsa Indonesia untuk menjelajahi dunia," kata Domex, Senin (31/1/2022).

 

Domex yang menjabat CEO Nusa pernah mengisi jabatan di perusahaan teknologi Korea Selatan (Kakao Corp) sebagai Chief Evangelist Officer Indonesia. Domex juga menjadi penasehat di perusahaan teknologi dalam negeri maupun luar negeri.

Adapun Tomi Gunawan sebagai CIO (Chief Innovation Officer), merupakan sosok yang cukup senior di dunia otomotif dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Bengkel Tomi Airbrush cukup menjadi acuan di dunia modifikasi, khususnya airbrush supercar dan hypercar.

 BACA JUGA: Harley Davidson Garap Motor Listrik Perdananya, Intip Spesifikasinya

“Industri Otomotif berada di puncak perubahan besar yang mengandalkan penggerak listrik. Kami percaya bukan hanya produk dan teknologi yang harus berubah, tetapi bagaimana orang menggunakan produk ini dan seluruh pengalaman berkendara yang berbeda," kata Tomi Gunawan.

Untuk ke depannya, Nusa akan meluncuran beberapa model antara lain Electric Sport Motorcycle dengan nama Nusa Khatulistiwa (K_Series), Sepeda Listrik Nusa 2XR (Rigid non Shock Suspension) dan Sepeda Listrik Nusa 2XL (with Shock Suspension).

Selain itu, Tomi menjelaskan spesifikasi Nusa K_Series (Khatulistiwa) masih dalam hitungan 80 persen dan akan difinalisasi sampai melewati proses homologasi.

Spesifikasi Nusa Khatulistiwa (K_Series)

- Top Speed

Basic 150km/h

TooFast 200km/h

- Jarak Tempuh

Basic 180km

TooFast 250km

- Battery Litihium Ion Cell

- Basic 10kWh

- TooFast 14kW

 Ilustrasi

- Harga

Basic Rp 140juta

TooFast Rp 180 juta

- Full Customize / Configurator

Warna Body, Jok Motor, Speed, Battery, Brake, Velg dan Roda

Nusa 2XR & 2XL (Sepeda)

- Battery Lithium Ion Cell

- 400 watts-hours

- Removable Battery

- Top Speed 40km/h

- Range 80km

- Harga Rp15 juta & Rp18 juta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini