Share

Suzuki Resmi Hentikan Produksi Karimun, Siapa Penggantinya?

Antara, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 52 2542385 karimun-berhenti-produksi-suzuki-optimalkan-ignis-gx-jSTV54dzRE.jpeg Suzuki Ignis (Antara)

PT SUZUKI Indomobil Sales menyatakan bahwa mobil perkotaan (city car) Ignis mampu menutupi ceruk pasar yang ditinggal Karimun Wagon yang berhenti diproduksi untuk pasar domestik sejak akhir tahun 2021.

Head of 4Wheel Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, mengatakan penjualan Ignis tipe GX yang harganya mulai Rp204 juta cenderung lebih stabil sehingga bisa menutupi absennya Karimun dari lini produk mereka.

 BACA JUGA: Mobil Imut Suzuki Disulap Jadi Land Rover Defender, Garang Banget!

"Ignis bisa menutup, istilahnya me-cover penjualan Karimun. Karena secara demand, Ignis itu stabil bahkan naik," kata Harold kepada wartawan Kamis malam tadi di Jakarta.

Harold memastikan bahwa Suzuki belum absen dari segmen LCGC (Low Cost Green Car) yang sebelumnya diisi Karimun Wagon R. Ia memastikan bahwa Suzuki sedang mendiskusikan produk baru untuk pasar Indonesia.

 BACA JUGA: 9 Mobil Mewah Christiano Ronaldo Diungkap Sang Pacar, Hargaya Capai Rp331 Miliar

"Facelift masih dalam diskusi. Apakah akan lanjut atau akan ada nama baru," jelas dia.

Meski tidak dijual di pasar domestik, Suzuki Indonesia masih memproduksi Karimun Wagon R untuk pasar ekspor, terutama ke Pakistan yang berlangsung konsisten sejak 2014 dalam bentuk Completely Knock Down (CKD).

Pada November 2021, Shodiq Wicaksono selaku Managing Director Suzuki Indonesia mengatakan Suzuki sedang menyiapkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Namun dia tidak menjelaskan jenis kendaraan yang dimaksud, apakah Ertiga, XL7 atau model yang sepenuhnya baru.

 Ilustrasi

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” kata dia.

Meskipun tidak agresif mengenalkan produk pada 2021, namun Suzuki tetap menduduki posisi lima besar penjualan nasional sebanyak 91.122 unit mobil (whole sales Gaikindo).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini