Share

Persiapkan Hal Ini Sebelum Kendarai Mobil di Musim Hujan, Lalai Sedikit Fatal Akibatnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 87 2543113 persiapkan-hal-ini-sebelum-kendarai-mobil-di-musim-hujan-lalai-sedikit-fatal-akibatnya-anhyJLwPfU.JPG Ilustrasi (Foto: driving-tests.org)

MEMASUKI bulan Februari, cuaca masih dibayangi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Bagi Anda pengguna mobil diimbau lebihi berhati-hati dalam berkendara. Sebab, medan yang licin serta jalan yang tergenang membuat Anda wajib mempersiapkan diri sebelum berpergian keluar.

Dimulai dari persiapan fisik karena membutuhkan konsentrasi ekstra, kondisi mobil, hingga teknik mengemudi yang baik didalam aktivitas sehari-hari di musim hujan. Oleh karenanya, perlu persiapan khusus dan tips jitu sebagaimana dibagikan Astra Daihatsu Motor (ADM) berikut ini.

“Kami berharap, melalui sharing tips ini, Sahabat dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan," ungkap Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, Bambang Supriyadi

Berikut tips aman dan nyaman saat hendak mengendarai mobil dalam kondisi hujan versi ADM.

Persiapan Diri

- Sebelum berkendara pastikan kondisi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena faktor kesehatan merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika Anda ingin atau sedang melakukan aktivitas berkendara.

- Sedia payung di dalam mobil

Payung meruapakan alat yang sangat berfungsi dan penting dibawa ketika dalam kondisi cuaca hujan. Hal ini dikarenakan tempat tujuan tidak selalu memiliki pelindung atap kanopi, sehingga dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

Infografis Coating Mobil di Musim Hujan

- Membawa peralatan pendukung

Alat pendukung yang dimaksudkan yakni terdrii dari baju ganti, selimut, alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

Persiapan kendaraan

- Periksa kondisi ban

Tak hanya fisik saja yang dipersiapkan, kondisi komponen kendaraan juga tidak luput dari perhatian seperti kondisi tapak ban. Apabila jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

- Cek kondisi karet wiper

Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan. Sebab wiper mobil mampu membersihkan sekaligus menjaga visibilitas dalam berkendara. Periksalah komponen ini secara berkala. Apabila karet sudah robek, getas, keras atau daya sapuannya tidak bersih maka gantilah dengan yang baru.

- Cek kelistrikan lampu-lampu

Hal yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah lampu. Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik.

Selama berkendara

- Nyalakan lampu ketika hujan deras

Hal ini disebabkan karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan akan membantu Anda memberi tanda untuk pengendara di sekitar.

- Menjaga jarak

Hujan mengaibatkan pandangan kurang jelas. Maka dari itu pentingnya untuk menjaga jarak degan pengemudi lain supaya Anda mendapatkan momentum untuk mengerem maupun berpindah jalur.

- Tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan

Masih banyak yang salah kaprak makna hazard ketika hujan. Sebaiknya jangan menyalakan dikala hujan. Hal itu disebabkan dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini