Share

Viral Mobil Lawan Arah di Jalan Tol, Cek Aturan dan Sanksinya

Tim Okezone, Okezone · Selasa 08 Februari 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 52 2543834 viral-mobil-lawan-arah-di-jalan-tol-cek-aturan-dan-sanksinya-D58duymg9e.jpg Mobil lawan arah di tol (dok Instagram Info Tangerang)

SEBUAH video viral di media sosial memperlihatkan mobil berwarna silver yang melawan arah di ruas jalan tol.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @infotangerang.id, aksi pemobil itu tampak mengganggu laju kendaraan lainnya.

Peristiwa itu disebut terjadi di Tol Jakarta-Tangerang, tepatnya di exit Tol Cikokol.

Berdasarkan keterangan postingannya, mobil itu diduga putar balik untuk keluar dari ruas jalan tol.

Kainduk Turangga 02 Korlantas Mabes Polri AKP Suwito menjelaskan,pihaknya tengah lakukan upaya pencarian pengemudi mobil tersebut dengan mencari nomor polisinya terlebih dahulu.

”Jadi untuk saat ini langkah-langkah nya kita akan tindak lanjuti dan cari bukti-bukti dengan mencari nomor polisi mobil tersebut,” kata Suwito.

 infografis

Saat ini, kata dia, untuk bukti yang baru dia dapati hanyalah dari video yang beredar di media sosial saja. Sedangkan video yang beredar di media sosial tidak memperlihatkan nomor polisi mobil tersebut dengan jelas.

Suwito menjelaskan, pihaknya kesulitan mengidentifikasi pengendara tersebut karena tidak terpantau oleh CCTV hingga pihak security yang berjaga pun tidak mengetahui akan kejadian ini.

”Karena dari CCTV tolnya tidak sampai, hanya di gerbang masuk Cikokol saja,” ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Berkaca dari peristiwa ini, Pengemudi mobil tersebut dapat dikenai sanksi yang sesuai dalam Undang-undang Tahun 2009 Pasal 310. Pasal ini khusus mengatur sanksi bagi pengemudi yang lalai.

(1) Berkendara lalai yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang pidana penjara paling lama enam bulan dan/atau denda paling banyak Rp1 juta.

(2) Berkendara lalai yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan dan/atau barang dipidana penjara paling lama satu tahun dan/atau denda paling banyak Rp2 juta.

(3) Berkendara lalai yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka berat dipidana penjara paling lama lima tahun dan/atau denda paling banyak Rp10 juta.

(4) Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp12 juta.

Sementara bagi pengendara yang terbukti ada unsur kesengajaan diatur dalam pasal 311 yang mencakup:

(1) Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp3 juta.

(2) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/atau barang dipidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp4 juta.

(3) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan/atau barang dipidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak Rp8 juta.

(4) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat dipidana penjara paling lama 10 tahun atau denda paling banyak Rp 20 juta.

(5) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp24 juta.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini