Share

Tak Hanya Cat Rusak, Ini Dampak Buruk Mobil Sering Diparkir di Bawah Matahari

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 52 2543947 tak-hanya-cat-rusak-ini-dampak-buruk-mobil-sering-diparkir-di-bawah-matahari-PQp8eYwERb.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

SELAIN cat rusak, ternyata ada beberapa dampak buruk lainnya ketika mobil sering diparkir di bawah matahari loh.

Dirangkum MNC Portal, berikut beberapa dampak buruknya:

1. Cat rusak

Mobil yang sering parkir di tempat terbuka membuat warna cat mobil lebih cepat pudar dan kusam. Sebab itu, parkiran mobil di garasi yang beratap atau ditutup cover. Jika di tempat umum atau kantor pilih parkir di basement.

infografis

2. Karet wiper rusak

Dampak lainnya mobil dijemur adalah karet wiper cepat getas (mengeras), Jika sudah getas wiper tidak dapat bekerja optimal saat menyapu air hujan dan bahkan membuat kaca rusak karena tergores. Sebagai pencegahan, jika terpaksa parkir di bawah terik matahari terlalu lama coba tegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna untuk menghindari karet wiper mengeraskarena menempel dengan kaca yang panas.

3. Interior

Mobil yang dijemur membuat suhu dalam kabin sangat tinggi hingga 70 derajat Celsius. Suhu tinggi dapat membuat interior teutama dasbor mobil cepat kusam dan rusak. Dasbor akan pudar dan pecah-pecah apabila terkena panas sinar matahari dalam waktu lama Untuk mengatasi masalah ini, lapisi kaca mobil dengan kaca film yang mampu mengurangi efek sinar ultraviolet masuk dalam kabin. Pilih kaca film yang sudah terkenal kualitasnya.

4. AC Cepat Rusak

Mobil yang dijemur membuat penyejuk udara AC bekerja keras. Langkah yang seharusnya dilakukan sebelum menyalakan AC buka jendela terlebih dahulu agar uap panas keluar sehingga kondisi mobil bisa dinetralisir. Setelah suhu turun baru nyalakan AC Mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini