Share

6 Kerugian Gunakan Knalpot Bobokan Mber, Pakai yang Standar Lebih Aman!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 08 Februari 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 53 2544047 6-kerugian-gunakan-knalpot-bobokan-mber-pakai-yang-standar-lebih-aman-zOOXWsp1MP.jpg Ilustrasi knalpot nembak (Revzilla)

KNALPOT bobokan alias knalpot mber kini sangat mudah ditemukan di jalan-jalan. Dapat di pastikan, jika kita berkendara, baik di jalan raya atau di jalan biasa akan menjumpainya.

Knalpot mber bisa dijumpai di kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Tapi jarang yang tahu jika knalpot mber ini ternyata dapat menimbulkan kerugian.

Berikut 6 kerugian menggunakan knalpot mber, dilansir dari situs Auto2000, Selasa (7/2/2022):

1. Merusak mesin

Mengganti knalpot dengan suara berisik dan tanpa hitungan ulang terhadap ruang bakar dapat berdampak berubahnya kinerja mesin. Jika tidak dikalkulasi dengan baik maka tenaga malah bisa drop dan berdampak kerusakan serius pada mesin.

2. Menggugurkan garansi

Kerugian yang kedua yang bakal muncul adalah gugurnya garansi mesin. Pabrikan tentu tidak menerima klaim kerusakan yang diakibatkan oleh penggantian produk atau parts yang tidak memiliki jaminan (non-orusinal). Sayang dong kalau garansi gugur. Harusnya bebas biaya, eh kalian jadi perlu merogoh kocek lagi.

3. Meningkatkan emisi gas buang

Penggantian knalpot dari bagian mufler tip hingga header artinya mengubah pengaturan bawaan pabrik terkait penahan emisi gas buang. Jika demikian maka dipastikan kendaraan akan memiliki emisi gas buang yang lebih tinggi atau bahkan tidak terkendali.

4. Polusi suara

Selain polusi udara, kebisingan yang ditimbulkan dari jalan raya juga menjadi salah satu perhatian dalam penataan lingkungan. Tentu dengan knalpot berisik yang timbul dari kendaraan menjadi kontributor negatif. Pasti pusing kalau terlalu banyak suara bising. Macet udah cukupbikin jengkel, jangan lagi ditambah suara knalpot berisik.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Melanggar peraturan lalulintas

Kendaraan yang menggunakan knalpot dengan suara berisik juga bisa masuk dalam pelanggaran lalulintas. Kalian bakal ditilang. Aturan penggunaan knalpot kendaraan sendiri sudah diatur dalam undang-undang.

Aturan tersebut tertulis dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009. Pasti gak mau kan jika harus membayar denda dan repot-repot mengurus tilang di pengadilan.

 Ilustrasi

6. Mengganggu orang lain

Suara knalpot yang telah dimodifikasi menjadi lebih berisik tentu akan mengganggu kenyamanan orang lain. Terlebih jika melintas di area perumahan atau rumah ibadah, bisa-bisa dimusuhi warga sekampung.

Jadi, jangan egois deh. Yuk lebih bijak dalam memodifikasi kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini