Share

Catat! 4 Cara Merawat Motor Klasik yang Benar

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 08 Februari 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 53 2544080 catat-4-cara-merawat-motor-klasik-yang-benar-SABNoDXPa6.jpg Ilustrasi motor klasik (Okezone)

MENGOLEKSI motor klasik jadi hobi bagi sebagian orang. Meskipun dalam perawatannya susah-susah gampang, masih ada saja yang menggandrungi hobi yang satu ini karena memang bisa juga dijdikan investasi.

Bagi kalian yang ingin ikutan mengoleksi motor klasik ada baiknya mengetahui dulu bagaimana cara merawatnya. Ini jadi satu poin penting, daripada nantinya kalian bakal menyesal mendapati motor kalian ngadat karena salah melakukan perawatan.

 BACA JUGA: 6 Kerugian Gunakan Knalpot Bobokan Mber, Pakai yang Standar Lebih Aman!

Nah seperti apa sih cara merawat motor klasik kalian agar awet dan enak ditunggangi, berikut caranya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/2/2022):

1. Service dan ganti oli rutin

Satu syarat jika kalian ingin motor kalian tetap sehat dan prima adalah dengan rutin melakukan service dan ganti oli kendaraan kalian. Terlebih jika kalian ingin mengoleksi motor klasik yang memang sudah berumur.

 

Malas kasih jajan tunggangan justru bisa bikin masalah kedepan. Kalau mesin sudah rusak, kalian harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk melakukan perbaikan.

 BACA JUGA: Cara Menghilangkan Lecet di Motor, Perhatikan 4 Hal Ini

2. Rutin panaskan mesin

Usahakan setiap pagi panaskan mesin motor klasik kalian. Dengan dipanaskan setiap pagi, mesin akan bekerja dengan baik, pengapian dan oli juga akan terus bekerja, jadi kalian tidak akan mengalami susah menghidupkan mesin atau menglami mesin macet.

Tapi perlu diingat, memanaskan mesin motor jangan terlalu lama. Selain boros bensin, memanaskan motor terlalu lama apalagi dengan sirkulasi udara yang buruk (di dalam ruangan) juga berbahaya bagi tubuh kita.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Gunakan bensin beroktan tinggi

Dengan bensin beroktan tinggi, motor klasik kalian akan memiliki kondisi mesin yang lebih terjaga. Pasalnya, proses pembakaran pada ruang mesin yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi tidak akan meninggalkan kotoran. Dengan begitu, performa dari mesin tetap terjaga.

 Ilustrasi

4. Jangan memforsir mesin

Mengoleksi motor klasik harus lebih apik dibanding motor lainnya, ini karena umur motor yang relatif tua. Perlakukanlah motor klasik kalian dengan lembut. Hindari motor klasik kalian dari kegiatan kebut-kebutan apalagi kalau kalian merasa motor kalian kurang sehat.

Tak ada salahnya jika memacu motor klasik kalian secara perlahan. Malah dengan menunggangi dengan perlahan, akan lebih banyak yang melihat kalian, kalian tentu bakal jadi sorotan ketika di jalan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini