Share

Mudah dan Cepat, Begini Cara Bayar Pajak Mobil Online

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 87 2545103 mudah-dan-cepat-begini-cara-bayar-pajak-mobil-online-xxEjKwyx5m.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

CARA bayar pajak mobil online memang belum banyak orang yang tahu. Bayar pajak kendaraan menjadi salah satu kegiatan wajib bagi pemilik kendaraan.

Umumnya, pembayaran pajak kendaraan terutama mobil dilakukan di SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap).

Hanya saja, pada kenyataannya membayar pajak di SAMSAT harus mengantri panjang dan menunggu lama sehingga banyak yang lebih memilih memanfaatkan calo meski harus membayar mahal.

Tapi tahukah kamu, jika saat ini selain ada SAMSAT keliling pemerintah telah membuat layanan online tentunya lebih mudah dan cepat. Aplikasi tersebut diberi nama SALMONAS (SAMSAT Online Nasional).

Lantas, bagaimana cara membayar pajak mobil melalui SALMONAS? caranya sangat mudah sebagai berikut:

Mendaftar ke Salmonas

Langkah pertama adalah mendaftar terlebih dahulu di aplikasi SALMONAS. Perlu diketahui, mendaftar yang dimaksud adalah mendaftarkan informasi dari kendaraan yang pajak tahunannya hampir habis, bukan membuat akun.

Caranya adalah:

Pilih menu Pendaftaran yang tersedia.

Kemudian akan muncul formulir yang harus diisi.

Ketik NKRB atau Nomor Polisi, NIK, Nomor Rangka Kendaraan, Nomor Ponsel dan juga emailmu.

Cek sekali lagi apakah data yang diisi sudah benar supaya pendaftaran akan langsung diproses.

Setelah dicek dan benar, klik Lanjutkan untuk masuk ke langkah selanjutnya.

infografis

Memperoleh Kode Bayar

Jika data benar, kamu akan mendapatkan kode bayar. Kode ini bentuknya unik yang akan digunakan sebagai alat transaksi pembayaran pajak.

Jangan lupa memilih metode pembayaran, seperti pembayaran transfer di ATM, Alfamart, Indomaret, marketplace, atau e-banking. Perlu diingat bahwa kode bayar yang didapatkan hanya berlaku selama dua jam saja.

Melakukan Pembayaran

Proses pembayaran harus sesuai dengan metode yang dipilih. Jika memilih pembayaran di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, maka akan dikenakan biaya admin kurang lebih sebesar Rp. 5.000,-.

Ketika membayar melalui ATM jangan lupa untuk memperhatikan kode bayar sehingga tidak sampai salah. Pastikan telah memasukan kode yang benar, jika tidak pembayaran akan ditolak.

Mengecek Proses dan Bukti Bayar

Setelah membayar, kembali masuk ke aplikasi dan cek bukti pembayaran pada menu Info Proses. Jika sudah maka akan muncul status lunas.

Selanjutnya, cek bukti bayar dalam bentuk pdf yang berupa e-TBPKB. Anda juga akan mendapatkan email pengesahan STNK tersebut yang berlaku 30 hari.

Pengiriman TBPKB Fisik

Bukti fisik pengesahan STNK bahwa telah diperpanjang akan dikirimkan ke alamat yang sudah dimasukkan secara langsung. Pengiriman biasanya membutuhkan waktu sampai 7 hari, sehingga tinggal menunggu saja.

Sangat mudah bukan cara bayar pajak mobil online melalui SAMOLNAS? Kamu bisa segera mengecek sekarang apakah sudah membayar pajak tahunan mobil di rumah. Jika belum, segera unduh aplikasinya dan jangan sampai telat bayar pajak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini