Share

Amerika Serikat Bangun Setengah Juta Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 52 2545810 amerika-serikat-bangun-setengah-juta-stasiun-pengisian-daya-kendaraan-listrik-CyhTZCBbfg.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BEBERAPA anggota senior pemerintahan Presiden Joe Biden, pada Kamis 10 Februari 2022, memimpin upaya perluasan praktis yang signifikan bagi ekspansi penggunaan kendaraan listrik secara nasional di Amerika Serikat.

Pemerintah federal "bekerja sama dengan negara bagian dan sektor swasta akan membangun jaringan nasional pengisian daya kendaraan listrik (EV) pada tahun 2030 untuk membantu menciptakan lapangan kerja, memerangi krisis perubahan iklim, dan memastikan bahwa teknologi yang membawa perubahan ini terjangkau dan bisa diakses oleh setiap orang Amerika, "kata Menteri Perhubungan Pete Buttigieg di luar kantor pusat Departemen Perhubungan AS.


Dalam investasi terbesar untuk program semacam ini, pemerintahan Biden akan mendistribusikan dana sebesar $5 miliar untuk mulai membangun hingga setengah juta stasiun pengisian daya cepat di pinggir jalan di seluruh negeri untuk mobil dan truk listrik.

Untuk menghilangkan kecemasan para pengemudi EV terkait jangkauan , akan ada "jaringan mulus" stasiun pengisian di sepanjang jalan raya negara, kata Menteri Energi Jennifer Granholm.

"Sebagian besar stasiun itu akan memiliki lebih dari satu port (tempat pengisian) yang terkait," tambah Granholm.


"Kendaraan listrik adalah masa depan, dan pemerintahan ini bergerak ke arah itu dengan kecepatan kilat," katanya.

"Tidak lama lagi kita akan meluncurkan tambahan $2,5 miliar untuk program hibah baru dengan lebih banyak dana untuk pengisi daya di tingkat komunitas di seluruh negeri," demikian pengumuman Buttigieg.

Sebagian besar EV terhambat dalam perjalanan jarak jauh karena kesenjangan antara stasiun pengisian dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterainya, yang memiliki jangkauan terbatas.

Sebagian besar mobil listrik terbaru dapat menempuh jarak sekitar 500 kilometer atau kurang di antara pemberhentian pengisian daya, meskipun beberapa model dengan jangkauan hingga 800 kilometer lebih akan dipasarkan dalam beberapa tahun mendatang.

Ilustrasi

Dana federal yang didistribusikan akan "membantu negara bagian membuat jaringan stasiun pengisian EV di sepanjang Koridor Bahan Bakar Alternatif yang ditunjuk, terutama di sepanjang Sistem Jalan Raya Antar Negara Bagian," menurut Departemen Transportasi.

Diperkirakan diperlukan dana hampir $40 miliar untuk membangun stasiun pengisian umum guna mencapai tujuan 100 persen penjualan EV di Amerika pada tahun 2035.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini