Share

Mau Punya Asuransi Mobil, Lebih Baik Pilih All Risk

Agustina Wulandari , Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 15 2546300 mau-punya-asuransi-mobil-lebih-baik-pilih-all-risk-MyWhhcgynx.jpg Ilustrasi memiliki asuransi mobil. (Foto: Dok.Pexels/Antoni Shkraba)

ASURANSI mobil dibutuhkan bagi kamu yang mobilitasnya menggunakan mobil. Terlebih jika kamu membeli mobil untuk kebutuhan bisnis, atau hobi seperti offroad atau klasik.

Asuransi mobil secara garis besar adalah asuransi yang memberikan proteksi serta ganti rugi jika kendaraan kamu mengalami insiden. Asuransi mobil akan membantu ganti rugi jika insiden yang terjadi adalah mobil mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, hingga hilang dicuri orang.

Selain manfaat di atas, ada hal lain yang juga menjadi benefit sebuah asuransi mobil yaitu ada penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam. Manfaat perlindungan finansial menyeluruh semacam itu bisa didapatkan dari asuransi mobil all risk. Jika perlindungan finansial atas kerusakan total yang diutamakan, bisa didapatkan dari asuransi mobil TLO.

Proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil ini sangat luas, namun memiliki jangka waktu dan biasanya berkisar antara setahun. Maka dari itu sebaiknya kamu memilih asuransi mobil yang terbaik yang menurutmu memberikan banyak benefit.


Sebagai rekomendasi, berikut ada 10 asuransi mobil terbaik pada 2022 ini, tidak hanya terbaik dalam hal layanan, mereka juga dipilih karena memiliki premi yang terjangkau.

● Asuransi Sinarmas Mobil

● Asuransi ACA

● Zurich Autocillin

● Asuransi AXA Mandiri

● Asuransi Simas Insurtech

● Asuransi Tokio Marine

● Asuransi ABDA

● Tugu Insurance

● Asuransi Allianz

● Asuransi Sompo

Selain manfaat di atas ada hal lain yang perlu kamu pahami mengenai asuransi mobil. Apa saja itu? Berikut beberapa dua hal yang bisa kamu pahami.

Lindungi keuanganmu dengan asuransi mobil

Jika membahas mengenai pemahaman keuangan, masih banyak orang yang belum mengenal asuransi terutama asuransi mobil. Pada 2019, bahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan Survei Nasional Literasi Keuangan dan hasilnya, indeks literasi keuangan di Indonesia berada pada angka 38,03%.

Kemudian indeks inklusi keuangan justru berada di angka 76,19%. Maka dari itu, hasil survei ini membuktikan bahwa masyarakat sudah banyak menggunakan produk jasa keuangan, namun belum cukup memahami dengan baik produk tersebut.

Sementara indeks literasi asuransi hanya 19,4% lebih rendah dari indeks perbankan yang sudah ada di angka 36,12%. Dari data lain dituliskan pula jika penetrasi asuransi di Indonesia hanya 2,77% terhadap PDB, atau hanya ada 1,7% saja masyarakat yang berasuransi dari jumlah penduduk sebesar 264 juta. Sementara untuk asuransi umum angkanya hanya 0,41% saja.

Padahal asuransi penting juga untuk melindungi keuangan masyarakat. Karena dalam mengelola keuangan, bila tidak menyertakan asuransi sebagai bagian yang dialokasikan akan mengancam perencanaan keuangan tersebut.

Terlebih jika terjadi suatu risiko finansial, seperti misalnya seseorang mendapatkan gaji lalu dialokasikan untuk tabungan atau deposito. Lalu secara mendadak, mobil yang kamu sayangi mengalami kecelakaan.

Dana yang sebetulnya bisa dipakai untuk keperluan lain, yang sudah kamu siapkan dari jauh hari untuk masa depan seperti pendidikan anak. Dengan terpaksa harus diambil untuk memperbaiki mobil. Maka benar istilah bahwa asuransi itu melindungi diri dan perencanaan keuangan.

Premi asuransi yang dikeluarkan dijadikan sebagai investasi, pengelolaan keuangan yang baik. Nanti ketika dibutuhkan, karena misal mobil mengalami kerusakan atau hilang, ada dana di asuransi yang bisa digunakan untuk mengganti mobil mu yang rusak atau hilang. Sehingga tabungan untuk masa depan, tidak terganggu dan rencana keuangan tidak berantakan.

Hal ini karena kamu sudah pasti tidak akan keluar uang untuk sesuatu yang tidak penting dalam jumlah yang lebih besar. Namun perlu diingat juga, jika kamu memilih untuk mengambil asuransi, maka haruslah dilandasi dengan niat baik atau prinsip utmost good faith.

Jadi jangan sekali-kali berspekulasi atau mencari keuntungan dari asuransi mobil yang kamu ambil. Kemudian juga harus memiliki insurable interest atau memiliki hubungan dengan obyek yang diasuransikan. Sehingga kamu mengasuransikan mobil itu ya karena memiliki kepentingan.

Utamakan asuransi mobil all risk untuk proteksi menyeluruh

Untuk mendapat perlindungan penuh dalam asuransi mobil, memang paling direkomendasikan mengambil all risk. Bagi kamu yang awam, asuransi mobil all risk adalah produk asuransi yang memberikan kamu ganti rugi lengkap, mulai dari kerusakan ringan hingga parah. Selain itu, asuransi all risk juga menanggung risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Maka jelas bahwa all risk bisa dibilang produk asuransi yang melindungi mobil dari segala risiko yang mungkin terjadi, mulai dari kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bahkan ketika mobil hilang dicuri orang!

Asuransi all risk ini juga biasa dikenal dengan sebutan asuransi comprehensive yang juga cukup populer digunakan oleh para pecinta mobil, guna melindungi full mobilnya. Proteksi menyeluruh yang diberikan asuransi all risk akan membuat kamu merasa lebih nyaman mengendarai mobil.

Kejahatan dan insiden seperti kecelakaan tak ada tahu kapan akan terjadi. All risk akan membuatmu merasa nyaman dan aman akan semua kejadian yang terjadi di depan. Dengan cakupan proteksi yang sangat luas, asuransi mobil all risk memiliki kekurangan, yaitu preminya yang cukup tinggi.

Namun premi tersebut sebanding dengan perlindungan yang diberikan oleh asuransi all risk juga sangat banyak. Guna memahami apa saja itu yang dilindungi dan diganti rugi oleh asuransi all risk.

● Kecelakaan, mulai dari insiden karena benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok.

● Tindak kejahatan dari orang lain.

● Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan.

● Kebakaran dan sambaran petir.

● Insiden atau kecelakaan yang terjadi selama penyeberangan laut dengan feri.

● Kerusakan roda akibat kecelakaan.

● Biaya derek serta pengangkutan ke bengkel terdekat.

● Pengecualian yang ada di polis asuransi all risk.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini