Share

Bingung Urus BPKB Hilang Atas Nama Orang Lain? Ini Cara Mudahnya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Minggu 13 Februari 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 87 2546148 bingung-urus-bpkb-hilang-atas-nama-orang-lain-ini-cara-mudahnya-DHBdEuVjvL.jpg Ilustrasi BPKB (Okezone)

BUKU pemilik kendaraan bermotor alias BPKB  merupakan surat penting yang mengesahkan kepemilikan sebuah kendaraan.

Kerap kali, BPKB menjadi dokumen penting yang turut berpindah tangan saat transaksi jual beli kendaraan bekas. Berbeda dengan BPKB saat membeli kendaraan baru dari dealer yang menggunakan nama kamu.

Saat membeli kendaraan bekas maka dokumen BPKB yang ada masih atas nama orang lain, yaitu pemilik kendaraan sebelumnya.

Sudah disinggung bahwa BPKB adalah surat penting. Maka dari itu, surat ini harus selalu dijaga agar tidak rusak bahkan hilang. Sebab, bila hilang mengurus surat kehilangan karena BPKB masih atas nama orang lain membutuhkan ekstra waktu dan tenaga.

Lantas bagaimana cara mengurus kehilangan BPKB yang bukan atas nama kamu?

Sebelum mengurus, hendaknya melengkapi syarat yang harus dibawa, sebagai berikut:

Surat Kuasa

Surat ini dibuat atas nama pemilik kendaraan bermotor yang tertera di BPKB, serta dilimpahkan kepada individu yang mengurus kehilangan BPKB. Surat kuasa ini ditandatangani di atas materai. Bila tidak ada surat ini, maka kehilangan BPKB tidak akan diproses.

Laporan Kehilangan BPKB dari Kepolisian

Buatlah laporan kehilangan di kepolisian dengan membawa SIM dan KTP sebagai tanda pengenal. Ceritakan semua kronologi hilangnya BPKB kepada petugas yang kemudian laporan tersebut dapat kamu tandatangani.

infografis

Kliping Koran di 2 Media Massa

Pembuatan kliping ini bertujuan untuk membantu memblokir BPKB. Caranya mudah dengan membuat iklan di media massa seperti koran atau media online lainnya. Isi iklan menyatakan bahwa BPKB dengan nomor seri dan atas nama yang hilang itu sudah tidak berlaku lagi

Surat Keterangan dari Reserse atau Reskrim

Surat ini cara membuatnya sama seperti surat kehilangan. Datangi kepolisian dengan membawa kartu identitas dan ceritakan kronologi hilangnya BPKB.

Surat Keterangan dari Bank

Berbeda dengan lainnya, surat keterangan ini menyatakan bahwa BPKB yang hilang bukan menjadi jaminan pinjaman uang di bank. Surat ini diterbitkan oleh bank dengan tanda tangan bermaterai.

Selanjutnya, kamu dapat memprosesnya dengan prosedur berikut ini:

Bawa kendaraan bermotor yang BPKBnya hilang, kartu identitas, dan persyaratan lainnya ke Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap).

Ajukan permohonan penggantian untuk BPKB hilang.

Selanjutnya, isi formulir permohonan sembari menunggu cek fisik kendaraan bermotormu. Setelah dilakukan cek fisik, petugas akan menerbitkan cek fisik yang telah dilegalisir.

Kemudian serahkan semua persyaratan yang dibutuhkan pada loket BPKB. dan lakukan pembayaran BPKB untuk mendapatkan bukti pembayaran BPKB. Bukti pembayaran BPKB ini nanti digunakan untuk mengambil BPKB yang baru.

Proses pembuatan BPKB ini kira-kira membutuhkan waktu 1 bulan. Datang lagi ke Kantor Samsat pada tanggal yang telah ditentukan. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini