Share

Dubai Uji Coba Taksi Tanpa Pengemudi, Siap Dioperasikan Tahun Depan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 52 2546943 dubai-uji-coba-taksi-tanpa-pengemudi-siap-dioperasikan-tahun-depan-uEBV2NHlxn.JPG Mobil otonom Cruise (Cruise Company/Khaleej Times)

DUBAI bakal menerapkan pengoperasian taksi tanpa pengemudi. Uji coba penggunaan taksi tanpa pengemudi dan layanan e-Hail di kota terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) tersebut resmi dilakukan pada akhir 2022.

Pihak otoritas jalan dan transportasi Dubai (RTA) mengumumkan dimulainya uji coba dan persiapan peta digital yang diperlukan untuk kendaraan otonom Cruise pada akhir tahun ini. Uji coba ini merupakan persiapan untuk peluncuran layanan pada tahun 2023.

 BACA JUGA: 5 Tempat di Mobil untuk Beri Kejutan Kado Valentine, Bikin Hati Doi Meleleh!

RTA telah menandatangani perjanjian kemitraan dengan Cruise Company untuk mengoperasikan kendaraan otonom Cruise di Emirat. Perusahaan itu juga menawarkan layanan taksi dan e-Hail di Emirat. Hal ini menjaeikqn Dubai sebagai kota pertama yang mengoperasikan kendaraan otonom Cruise di luar AS.

“Inisiatif ini meningkatkan peran perintis Dubai dalam transportasi swakemudi. Ini adalah langkah penting untuk mewujudkan Dubai Smart Self-Driving Transport Strategy yang bertujuan untuk mengubah 25 persen dari total perjalanan mobilitas di Dubai menjadi perjalanan dengan berbagai moda transportasi self-driving pada tahun 2030,” kata direktur jenderal sekaligus ketua dewan direktur eksekutif RTA Mattar Mohammed Al Tayer seperti dilansir dari Khaleej Times, Senin (14/2/2022).

Sejumlah kendaraan otonom Cruise akan dikerahkan secara terbatas pada tahun 2023. Namun, rencananya jumlah kendaraan tersebut akan ditingkatkan hingga mencapai 4.000 pada tahun 2030.

 BACA JUGA: Intip Sederet Mobil Bernuansa Valentine, Tetap Kece Mempesona

“Pengoperasian kendaraan otonom berkontribusi pada integrasi sistem transportasi dengan memudahkan mobilitas pengendara angkutan umum dan membantu mereka mencapai tujuan akhir mereka,” ujarnya.

Untuk memastikan pengoperasian layanan taksi tanpa pengemudi di tahun depan, RTA juga mengadakan pertemuan awal dengan sejumlah pihak berwenang.

Pertemuan tersebut akan membahas rincian teknis yang berkaitan dengan pengoperasian kendaraan bersama dengan faktor pendukung utama yang mencakup spesifikasi, standar, dan infrastruktur yang dibutuhkan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini