Share

Hati-Hati, Ini Bahaya Terlalu Sering Mencuci Ban Motor dengan Sabun

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 53 2546773 hati-hati-ini-bahaya-terlalu-sering-mencuci-ban-motor-dengan-sabun-EbNq0zscNU.jpg Ilustrasi motor (dok. Freepik)

SABUN dan semir merupakan bahan yang digunakan untuk mencuci motor . Ternyata, terlalu sering menggunakan bahan tersebut bisa membuat ban motor cepat rusak.

Pemilik cuci steam motor Curug Wash, Farhan Kalali menjelaskan, mencuci motor terutama bagian ban dengan sabun dan diolesi semir jangan terlalu sering.

infografis

"Pakai sabun untuk cuci dan diolesi semir sebenarnya tidak terlalu berpengaruh untuk ban. Hanya saja penggunaannya jangan keseringan," katanya saat dihubungi.

Menggunakan sabun yang terlalu sering, bisa membuat karet ban menjadi keras dan berpotensi mengurangi daya cengkram di jalanan beraspal.

Menurut Farhan, sabun dan semir ban memiliki kandungan kimia yang cukup tinggi. Apalagi sabun yang dipakai tidak tahu jenis dan peruntukannya untuk apa.

"Kalau semir ban sudah pasti tujuannya untuk ban, tapi harus diperhatikan kandungannya. Yang sulit adalah sabun yang digunakan. Jangan pakai sabun colek untuk mencuci ban, pakai saja sabun khusus cuci motor," ujar Farhan.

Sedangkan untuk semir ban, hindari menggunakan semir ban yang tidak jelas mereknya dan juga jangan terlalu sering karena bisa membuat ban menjadi licin serta merusak compound.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini