Share

Bagaimana Cara Kerja dan Perawatan Cairan Ban Tubeless? Ini Jawabannya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 15 Februari 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 87 2547032 bagaimana-cara-kerja-dan-perawatan-cairan-ban-tubeless-ini-jawabannya-gRWrvYVjuS.jpg Ilustrasi ban tubeless (dok. Freepik)

PEMILIK kendaraan pasti tak asing lagi dengan cairan ban tubeless

Cairan ini diklaim dapat menambal sendiri lubang pada ban yang terkena benda tajam.

Dalam pemasangannya, cairan ban tubeless ini dimasukkan melalui pentil. Saat terjadi kebocoran, cairan ini akan mengisi lubang yang bocor, kemudian akan menutupi lubang tersebut.

Lantas bagaimana cara kerja dan cara merawat cairan tersebut? Berikut Okezone rangkum:

infografis

Cara kerja cairan ban tubeless

Umumnya fiber, karet dan lem merupakan bahan pembuatan dari cairan ban tubeless. Fungsi cairan ini untuk menutup lubang pada ban. Dengan begitu tekanan angin di ban akan tetap terjaga dan kebocoran tidak akan terjadi.

Selain untuk menambal ban, cairan ini juga bisa melindungi ban dari benda tajam. Caranya hanya dengan memutar benda tersebut supaya cairan ban tubeless bisa menutupi lubangnya.

Biasanya, setelah menggunakan cairan ban tubeless, ban aman dikendarai jarak jauh, digunakan untuk berjalan lebih dari 400 km per harinya bahkan aman saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Perawatan cairan ban tubeless

Perlu dipahami, cairan ini juga perlu dirawat agar tetap bekerja dengan baik. Dalam kondisi baik, cairan ban tubeless bisa menyegel ban. Tapi jika cairan ban mulai mengering, roda bisa kehilangan udara alias kempes.

Untuk mengetahui cairan ini layak digunakan atau tidak, kamu bisa menyesuaikan tekanan pada ban kendaraan.

Tak hanya itu, cairan ban tubeless juga bisa mengalami penguapan kecil, sehingga seiring dengan waktu penggunaan cairan ini akan kehilangan kapasitasnya.

Cairan ban tubeless bisa bertahan hingga 3 bulan, tergantung pada penggunaan kendaraan itu sendiri.

Itulah cara kerja dan cara perawatan cairan ban tubeless. Mudah bukan? Pastikan untuk terus memperhatikan keadaan kendaraan sebelum digunakan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini