Share

Banyak Pelat Nomor Cantik Ditarik Petugas Gara-Gara Mengandung Kata Tak Pantas

Dani M Dahwilani, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 52 2547354 banyak-pelat-nomor-cantik-ditarik-petugas-gara-gara-mengandung-kata-tak-pantas-Ro1tMEwwYK.jpg Ilustrasi plat nomor kendaraan (dok Freepik)

DEPARTEMEN Keselamatan Jalan Raya dan Kendaraan Bermotor Florida, Amerika Serikat (AS) menarik kembali dan menolak pengajuan pelat nomor cantik karena memiliki makna tidak senonoh atau tidak sopan.

Tercatat, lebih dari 500 aplikasi pelat nomor cantik ditolak di Florida pada 2021. Beberapa pelat nomor cantik yang ditolak, antara lain seperti 6PORN9, T BUNDY, BASTARD, WASSZUP, 4FXSAKE, B1TCH, DAMG00D, EC5TA5Y, DRUGMAN (real creative…), FAAART, H0TSX, JEWCAT, JEEPAF, M3TH, dan USEXYFM.

infografis

Dilansir dari Carscoops, Departemen Keselamatan Jalan Raya dan Kendaraan Bermotor Florida menyatakan pemerintah menolak permintaan pelat nomor kendaraab cantik yang dianggap mengandung kata cabul atau tidak pantas.

Pelat yang ditolak memiliki semacam kata-kata tidak senonoh atau mengacu pada topik yang menyinggung. Pelat nomor juga dapat ditarik kembali jika ada laporan dari masyarakat.

"Departemen berwenang menolak permintaan yang dianggap tidak pantas, dan departemen berwenang menarik kembali, selama periode pendaftaran setiap pelat nomor pribadi yang dikeluarkan mengandung makna cabul atau tidak pantas," bunyi undang-undang negara bagian Florida.

Pelat nomor pribadi yang ditolak akan diselesaikan dalam waktu 15 hari dan pajak serta biaya pemohon dikembalikan. Departemen di negara bagian lain juga menolak permintaan pelat nomor cantik.

Di wilayah Oregan, juru bicara DMV David House mengatakan, departemen menggunakan alat seperti Urban Dictionary untuk menentukan apakah pelat tersebut menyinggung.

“Kami menggunakan Kamus Perkotaan. Bahasa gaul banyak berubah, jadi kami perlu memastikan beberapa hal yang dijalankan tidak melanggar aturan dasar berlaku selama beberapa dekade ini,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini