Share

Cara Mengganti Busi Mobil, Ikuti 6 Langkah Ini

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 16 Februari 2022 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 52 2548164 cara-mengganti-busi-mobil-ikuti-6-langkah-ini-9HAjeMA9Kr.jpg Foto Auto Guide

BUSI merupakan komponen krusial bagi mobil. Fungsi komponen satu ini sangat penting, yakni untuk membuat proses pembakaran pada mesin.

Busi akan memercikan bunga api ke ruang bakar, yang mana dengan percikan ini akan terjadi pembakaran yang membuat kendaraan bisa dihidupkan.

Karena fungsinya yang sangat vital, kondisi busi harus dicek secara rutin. Bila performanya sudah berkurang atau bahkan rusak, perlu dilakukan penggantian.

 BACA JUGA: Penampakan Mobil Raffi Ahmad, Saksi Bisu Dorce Gamalama Jadi Sopir Sultan Andara

Mengganti busi mobil bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke bengkel. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari WikiHow, Rabu (16/2/2022).

1. Ketahui lokasi busi

Lokasi busi berbeda-beda tiap mesinnya. Untuk mengetahui secara pasti posisi busi mobil, kalian bisa melihat buku petunjuk.

Jika posisi busi sudah diketahui, tandai tiap kabel dan posisinya. Ini patut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan nantinya.

2. Siapkan alat

Busi akan sangat panas ketika mobil baru saja digunakan. Untuk itu, tunggu busi dingin sembari menyiapkan sejumlah alat penunjang.

Alat yang perlu kalian siapkan antara lain kunci busi, batang extension, soket pembuka busi, dan juga pengukur celah busi.

 

3. Lepas busi mobil

Apabila busi dirasa sudah dingin sehingga memungkinkan untuk dilakukan pembongkaran, tarik kabel busi dari mesin dengan hati-hati agar kabel tidak putus.

Pelepasan kabel busi jangan dilakukan dengan menggoyang-goyangkan kabel. Tindakan ini beresiko rumah busi menjadi longgar.

 BACA JUGA: Intip 7 Koleksi Mobil Prabowo Subianto, Menteri dengan Kekayaan Rp2 Triliun

Apabila kabel busi sudah lepas dan busi sudah terlihat, gunakan kunci busi dengan batang extension untuk melepas busi dari tempatnya.

4. Cek kondisi busi

Mengecek kondisi busi bisa dilakukan dengan mengukur jarak celah busi. Busi yang bagus celahnya harus berjarak antara 0.028-0.06 inci.

Ambil alat pengukur celah busi dan lakukanlah pengukuran. Jika celah busi masih lebar, maka busi masih layak digunakan.

Periksa juga keausan busi. Kalau sudah berubah, maka harus diganti. Kondisi busi biasanya sudah minta diganti pada kilometer 20.000km.

5. Ganti busi dengan yang baru

Ganti busi yang lama dengan yang baru. Jangan lupa untuk menyesuaikan busi dengan mobil kalian. Ada banyak produk busi di pasaran. Gunakanlah busi yang direkomendasikan pabrikan.

6. Pasang busi

Sebelum memasang busi yang baru, bersihkan dulu rumah busi agar pembakaran nantinya bisa berjalan lancar. Masukan busi ke rumahnya lalu kencangkan dengan kunci busi.

 Ilustrasi

Mengencangkan busi dilakukan dengan memutar searah jarum jam. Tapi ingat, tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusak ulir dan ini akan membutuhkan biaya mahal.

Jika dirasa sudah cukup kencang, pasang kembali kabel busi dengan posisi yang sama seperti sebelumnya. Setelah itu nyalakan mesin untuk memastikan sudah apakah semua sudah berjalan normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini