Share

Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 52 2548213 ukuran-angin-ban-mobil-yang-ideal-7AWThIWvHi.jpg Tekanan angin ban mobil (Breakerlink)

UKURAN angin ban mobil menjadi salah satu hal yang patut diperiksa secara rutin. Karena ukuran angin ban mobil berpengaruh terhadap performa maupun kenyaman awak saat berjalan.

Tekanan angin tidak boleh terlalu tinggi karena ketika melintas di jalan berair atau licin maka mobil dapat berseluncur tak terkendali.

 BACA JUGA: 8 Ciri-Ciri dan Tanda Ban Mobil Sudah Kedaluarsa, Harus Segera Diganti!

Sebaliknya, apabila ban memiliki ukuran angin yang rendah maka berpotensi mengalami kebocoran. Dilansir dari laman Auto2000, berikut ukuran angin ban mobil yang idel dan aman digunakan saat berjalan. 

Untuk mengetahui standar ukuran angin, berikut daftarnya:

Untuk Mobil berjenis MPV tekanan ideal berkisar antara 33-36 Psi, mobil City Car : (30 – 36) Psi; Mobil Sedan : (30 – 33) Psi dan untuk Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

Itu dia beberapa daftar ukuran angin ban mobil yang ideal saat hendak berkendara. Ukuran tekanan angin ban di atas merupakan rata-rata. Setiap tipe mobil mempunyai ukuran ban dan velg yang berbeda, akibatnya tekanan angin ban masing-masing tipe mobil juga bisa berbeda.


Anda juga harus mengetahui jenis mobil yang digunakan. Karena setiap jenisnya memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk lebih detilnya, Anda dapat mengecek Informasi Tekanan Ban (Tire-Loading Information) yang biasanya berada di frame pilar pintu depan kanan mobil (pintu pengemudi).

Bukalah pintu kanan depan bagian pengemudi. Pada pilar bagian dalam, tepatnya di sebelah kanan bawah jok pengemudi terdapat stiker kotak bertuliskan informasi mengenai tekanan ban.

Bagi mobil bertipe MPV dengan ukuran standar ban 205/65R16 dan ukuran angin ban mobil baik ban depan maupun belakang sama yaitu 33 psi.

Oiya, ukuran angin ban mobil yang ideal juga bisa dipengaruhi oleh situasi dan faktor-faktor lainnya.

Selain itu, perhitungkan beban atau muatan yang akan diangkut. Karena tekanan ban ideal dipengaruhi oleh berat dari muatan. Jika berat beban diangkut terus bertambah, maka tekanan ban harus ditingkatkan juga.

Ilustrasi

Apabila disimulasikan, sebuah mobil berjenis MPV 7 seater hendak mengangkut tujuh penumpang atau muatan penuh, maka Anda dapat mengisi ukuran ban dengan tekanan 36 psi.

Jadi ukuran angin ban mobil yang ideal dan aman dipengaruhi berbagai faktor antara lain: jenis mobil, berapa muatan yang dibawa dan kondisi jalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini