Share

Ukuran Ban Mobil: Cara Melihat Ukuran Agar Tidak Salah Beli

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 52 2548225 ukuran-ban-mobil-cara-melihat-ukuran-agar-tidak-salah-beli-8ESTg46lHD.png Ban mobil (Pixabay)

UKURAN ban mobil bervariasi tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Sebagai orang awam tentunya akan sedikit kesulitan dalam memilih ban mobil yang sesuai dengan ukuran mobil kita. Perlu adanya panduan khusus agar tidak salah beli.

Ban merupakan sebuah komponen utama pada mobil yang berfungsi sebagai alat gerak. Selain itu, fungsi ban mobil juga sebagai penopang beban mobil ketika membawa penumpang maupun barang, karena posisi ban ada di bawah. Maka dari itu, mobil membutuhkan ukuran dan jenis ban yang sesuai.

 BACA JUGA: Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Memiliki ban serep untuk kendaraan seperti mobil yang selalu dibawa saat berkendara merupakan sebuah hal yang menguntungkan. Karena, ketika tengah berada dalam perjalanan yang jauh dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ban kempes atau bocor, dan anda tidak menemukan bengkel, ban serep akan menjadi penyelamat anda.

Ada beberapa ukuran ban mobil yang harus anda ketahui sebelum membelinya. Agar memudahkan anda menyesuaikan dengan kebutuhan mobil tentunya. Berikut Okezone jelaskan mengenai ukuran ban mobil dan juga bagaimana melihat ukuran ban agat tidak salah beli.

 

Ukuran Ban Mobil

Ada banyak ukuran ban mobil yang saat ini di produksi. Untuk mempermudah ada dalam mengetahui ukuran ban mobil, anda bisa membuka buku manual kendaran anda. Disana akan ada informasi mengenai ukuran ban dan daya muat kendaraan. Selain itu, anda juga dapat melihat sisi ban bagian luar, karena biasanya produsen akan mencantumkan ukuran detailnya disana.

Setiap ban memiliki kodenya sendiri. Kode tersebut dapat berisi kombinasi angka dan juga huruf.

 BACA JUGA: Kenali Kode Ban Mobilmu, Ini Arti Huruf P dan Angka 185

Sebagai contoh, kode 205/55/R1691H, dibaca sebagai berikut:

• 205 berarti ukuran lebar telapak ban dalam satuan milimeter.

• 55 berarti tinggi ban.

• R menunjukan konstruksi ban.

• 16 Merupakan diameter pelek ban.

• 91 adalah beban maksimal yang dapat ditopang oleh ban.

• H berarti ban mobil dapat menembus kecepatan hingga 180 km/jam.

Nah, demikian penjelasan Okezone mengenai ukuran ban mobil yang perlu anda ketahui agar tidak salah dalam memilih.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini