Share

3 Cara Mengatasi Oli Mesin Kendaraan Berubah Hitam Pekat

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 17 Februari 2022 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 52 2548842 3-cara-mengatasi-oli-mesin-kendaraan-berubah-hitam-pekat-GThWTCa4gc.jpg Ilustrasi (Freepik)

OLI memiliki peranan penting pada mesin kendaraan. Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai pelindung sekaligus penanda kondisi mesin kendaraan.

Oli yang menghitam bisa jadi pertanda adanya masalah pada mesin kendaraan. Tidak hanya untuk kendaraan manual, tapi juga berlaku untuk kendaraan matik.


Lantas apa penyebab oli kendaraan berwarna hitam? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman resmi Astra Motor, Kamis (17/2/2022).

1. Gas sisa pembakaran masuk ke dalam karter

Gas sisa pembakaran mengandung kerak dan kotoran. Sehingga ketika masuk ke karter akan mampu membuat oli menjadi lebih mudah menghitam.

Masuknya gas ke karter sendiri disebabkan oleh boring motor yang sudah aus, ring pisto aus, dan ring piston terbalik. Selain itu juga bisa karena gap ring piston yang berada.

Agar komponen-komponen ini tidak cepat haus, harus pandai-pandai memilih pelumas yang dan kadar yang cukup. Pilih tipe atau jenis oli yang sesuai spesifikasi mesin.

 BACA JUGA: Tak Perlu Bawa ke Bengkel, Ini 5 Cara Ganti Oli Motor Matik Sendiri di Rumah

2. Rusaknya saringan oli

Sesuai dengan namanya, saringan oli ini tentunya berfungsi untuk menyaring kotoran. Jika filternya saja sudah rusak, maka sudah pasti oli akan cepat menghitam.

Selalu cek kondisi saringan oli pada kendaraan, jika mengharuskan untuk diganti, maka segera ganti. Usahakan pilih saringan atau filter yang berkualitas agar lebih awet.

3. Adanya komponen mesin yang kotor

Penyebab oli kendaraan berwarna hitam bisa disebabkan oleh komponen mesin yang kotor. Seperti diketahui, oli berfungsi untuk melumasi mesin, jika mesin kotor, tentu oli juga akan ikut kotor.

 Ilustrasi

Sebisa mungkin setelah mesin dibongkar, bersihkan seluruh komponen mesin hingga bersih. Pembersihan komponen ini perlu dilakukan agar oli tidak cepat hitam.

Itu adalah penyebab oli kendaraan berwarna hitam. Selain poin-poin di atas, rutin mengganti oli juga bisa menghindari oli kendaraan berwarna hitam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini