Share

Kelebihan dan Kekurangan Ban Donat untuk Pemakaian Sehari-hari

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 52 2549421 kelebihan-dan-kekurangan-ban-donat-untuk-pemakaian-sehari-hari-zbRdStPNi6.jpg Ban donat digunakan mobil (dok YourMechanic)

KELEBIHAN dan kekurangan ban donat akan menjadi topik pembahasan kali ini. Ban merupakan salah satu elemen penting sebagai penggerak kendaraan seperti sepeda, motor, dan juga mobil.

Meskipun posisi ban ada di bagian bawah, namun ban juga menjadi slaah satu penentu handling kendaraan. Khusunya kendaraan sepeda motor.

Ban juga menjadi salah satu bagian yang sering diberikan beberapa sentuhan modifikasi oleh para pecinta otomotif. Seperti mengupgradenya menjadi lebih besar dari ukuran pelek yang seharunya. Ini lah yang disebut sebagai ban ngedonat atau ban donat. Karena bentuknya memang seperti donat.

 BACA JUGA: Ukuran Ban Mobil: Cara Melihat Ukuran Agar Tidak Salah Beli

Memodifikasi kendaraan berarti mengubahnya dari ukuran standar yang telah ditetapkan pabrik. Tentunya, hal itu akan memunculkan kekurangan dan juga kelebihannya sendiri. Begitu juga dengan tipe ban donat ini.

Lantas, bagaimana efek atau kelebihan dan kekurangn ban donat untuk pemakaian sehari-hari? Berikut ulasannya.

Kelebihan ban donat

Menurut beberapa pecinta otomotif, melakukan upgrade ban menjadi lebih besar dapat memberikan kenyamanan pada handling dan cornering. Sehingga pada saat manuver akan terasa lebih baik dengan shockbeker depan dan belakang yang maksimal. Ban juga menjadi lebih awet dan tidak mudah bocor.

 BACA JUGA: Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Mereka juga menambahkan bahwa selama upgradenya tidak berlebihan, sekitar satu atau dua ukuran diatas standar pabrik, tidak akan memberikan masalah.

Kelemahan ban donat 

Sedangkan untuk kelemahannya, ban donat disinyalir memberikan feeling yang berat ketika berada pada track yang lurus.

Ilustrasi

Hal ini terjadi karena sentuhan atau gesekan antara ban dan aspal menjadi lebih besar. Kelemahan lainnya juga terjadi pada bahan bakarnya yang menjadi lebih boros. Tak hanya itu, rata-rata ban donat memiliki harga yang cukup mahal.

Demikian penjelasan menganai kelebihan dan kekurangan ban donat. Semoga membantu anda. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini