Share

Tujuan Ban Mobil Diberi Alur, Berikut Penjelasannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 52 2549436 tujuan-ban-mobil-diberi-alur-berikut-penjelasannya-GTOTMWaKGw.png Ban mobil (Pixabay)

TUJUAN ban mobil di beri alur kira-kira untuk apa, ya? mungkin ada diantara kalian yang pertanya bertanya-tanya demikian ketika melihat ban mobil dan juga ban motor memiliki garis alur. Belum lagi, alur yang ada di ban berbeda bentuk. 

Ban pada kendaraan mobil merupakan sebuah hal yang penting. Karena, jika tanpa ban, kendaraan tidak dapat berjalan sebagaimana semestinya.


Selain berfungsi sebagai alat agar mobil dapat bergerak, ban juga memiliki fungsi sebagai penopang body mobil dan juga beban muatan yang ada di dalamnya. Maka dari itu, perlu pengecekan berkala pada ban mobil. Setidaknya setelah stau tahun setelah pemakaian.

Lalu, apakah tujuan ban mobil diberi alur? berikut Okezone jelaskan untuk anda

 

Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

Alur atau garis-gairs yang ada pada ban mobil tentunya dibuat dengan tujuan. Tujuannya adalah agar memberikan gaya gesek yang lebih besar ketika bersentuhan dengan permukaan jalan. Selain itu, alur pada ban mobil juga berfungsi sebagai jalur pembuangan saat melintasi jalanan yang basah.

 BACA JUGA: Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Dengan demikian, ban mobil yang masih memiliki alur tidak akan mudah tergelincir ketika tengah berada di permukaan jalan dan juga ketika kondisi jalanan basah. Ban dengan alur yang sudah menipis tentunya akan membahayakan keselamatan penggunanya, karena ban akan mudah tergelincir. Apalagi jika terjadi pengereman mendadak.

Alur ban dalam mobil bisa menghilang atau gundul dan halus dikarenakan umur ban yang sudah tidak baru lagi, atau karena sering digunakan. Gesekan antara ban dan juga permukaan jalan tentunya perlahan-lahan akan mengikis alur pada ban sehingga membuat ban menjadi alus dan gundul.

 Ilustrasi

Maka dari itu, sebagai pengguna mobil disarankan untuk mengecek kondisi ban secara berkala. Apalagi jika ban sudah lama dipakai. Anda juga dapat memperhatikan kedalaman alur ban, ketika kedalaman alur sudah kurang dari 1,6 milimeter dari permukaan baris TWI, berarti ban anda sudah harus segera digati.

Demikian informasi Okezone menganai tujuan ban mobil diberi alur. Semoga membantu anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini