Share

Mengenal Fungsi Kampas Kopling dan Komponennya

Tangguh Yudha, MNC Portal · Sabtu 19 Februari 2022 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 52 2549503 mengenal-fungsi-kampas-kopling-dan-komponennya-KqlzkJ1ry3.jpg Piringan kopling (Ist)

KAMPAS kopling mungkin sesuatu yang sering kita dengar. Tapi jarang diketahui kalau komponen yang satu ini punya fungsi yang super penting..

Kebanyakan dari kita hanya tahu penggunannya saja. Padahal, dengan mengatahui lebih dalam fungsinya diharapkan bisa memanfaatkan kampas kopling dengan sangat tepat...

Lantas apa sebenarnya fungsi kampas kopling?

 BACA JUGA: Agar Cepat Mahir, Ini 7 Langkah Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Merangkum dari laman resmi Wuling, kampas kopling berfungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari sektor mesin ke bagian transmisinya.

 

Dalam prosesnya, kampas kopling akan memutar input shaft transmisi. Dengan cara kerja tersebut, maka pemasangan kedua komponen tersebut selalu menyatu.

Pada saat mesin melakukan putaran, fungsi kampas kopling sangat dipengaruhi oleh tenaga putar dari mesin. Inilah membuat bagian flywheel ikut berputar dan prosesnya akan berlangsung sampai ke bagian clutch cover.

 BACA JUGA: Sabun Bayi Ampuh Bunuh Virus COVID-19 di Kabin Mobil, Mitos atau Fakta?

Ketika posisi clutch cover renggang akibat adanya injakan pada pedal kopling, maka tenaga yang dihasilkan mesin akan terputus. Namun berbeda dengan pedal kopling yang di jepit, maka tenaga mesinnya dapat keluar dengan baik.

Selain itu, kampas kopling juga berfungsi untuk meredam berbagai hentakan dan getaran yang biasanya timbul saat proses sambung putus berlangsung.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini