Share

3 Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar Motor

Rina Anggraeni, Sindonews · Minggu 20 Februari 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 87 2550054 3-cara-mengatasi-karburator-banjir-tanpa-bongkar-motor-s3YmAbhlMk.jpg Ilustrasi sepeda motor (dok. Freepik)

JAKARTA - Banyak yang belum mengatahui cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar sepeda motor.

Ini penting diketahui agar kamu tidak repot pergi ke bengkel. Permasalahan ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah pada motor.

Bila darurat kamu bisa mengatasi masalah tersebut di rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar.

1. Bersihkan busi pada karburator 

 Saat karburator banjir, segeralah membuka busi lalu membersihkan komponen tersebut. Berikutnya menggunakan kickstarter beberapa kali tanpa harus menggunakan kontak. Lakukan hal ini dengan baik supaya tidak harus membongkar karburator .

infografis

2. Cek bagian tutup pelampung

Bagian needle velve atau biasa kita kenal tutup pelampung yang satu ini memiliki fungsi membuka dan menutup aliran bensin dari tangki ke bagian karburator. Bagian ini biasanya berada di bagian bawah karburator sehingga langsung terhubung dengan pelampung.

Buka karburator sampai pelampung memiliki warna putih dan kamu bisa menarik pen keluar. Hal ini akan membuat komponen pada needle valve juga ikut tertarik dan akhirnya terlepas.

Kamu bisa mengatur gerakan pelampung ke atas dan ke bawah, valve akan terbuka penuh saat pelampung berada di posisi paling bawah. Atau pastikan needle valve tertutup secara baik saat pelampung berada di bagian atas. Kamu juga bisa membersihkan bagian itu terlebih dahulu supaya saat kamu memasang kembali tidak ada penyumbatan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Rakit seluruh komponen karburator

Terakhir adalah tentunya anda rakit kembali seluruh komponen karburator dan memasangnya kembali ke mesin. Ini untuk memastikan pemasangan karbuartot benar. Itulah cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar sepeda motor. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini