Share

Penyebab Air Radiator Mendidih, Segera Periksa Mobilmu!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 22 Februari 2022 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 52 2550456 penyebab-air-radiator-mendidih-segera-periksa-mobilmu-StxSevN0mc.jpg Radiator (dok Freepik)

SALAH Satuย bagian penting pada mobil, yakni radiator. Komponen ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap normal pada saat mesin bekerja keras.

Air yang ada di dalam radiator sudah sepatutnya dikontrol dan diperhatikan dengan baik. Apabila air radiator sampai mendidih tentunya akan menimbulkan berbagai masalah pada mobil anda.

Seringkali juga air radiator mendidih, lantas apa penyebabnya?

Berikut beberapa penyebabnya:

Overheat

Penyebab yang pertama adalah mesin mobil yang mengalami panas berlebih atau overheat. Air radiator yang mendidih akan menambah tekanan pada saluran pendingin sehingga menyebabkan suhu mesin naik seketika. Anda dapat melihatnya dari indikator suhu mesin yang ada pada panel depan setir mobil.

infografis

Berikut penyebab mesin mengalami overheat:

  1. Kerusakan pada tutup radiator. Jika tutup pada radiator sudah tidak bisa maksimal dalam bekerja, maka akan membuat air radiator cepat habis.
  2. Kerusakan pada kipas radiator. Kerusakan ini dapat mengakibatkan proses pendinginan kurang maksimal.
  3. Kerusakan pada waterpump atau pompa air. Sistemnya sama seperti kipas pendingin.
  4. Radiator yang kotor. Karena dimakan usia dan tidak pernah dipakaikan cairan pendingin maka radiator akan kotor dan berkarat. Hal itu tentu mengganggu fungsi dari radiator itu sendiri.
  5. Thermostat yang macet. Hal ini akan membuat aliran air pada radiator tersumbat sehingga kinerjanya tidak maksimal.

Follow Berita Okezone di Google News

Mengalami Kebocoran Kompresi

Sebab yang lain adalah kebocoran pada mesin kompresi yang masuk ke sistem pendingin radiator. Penyebabnya biasanya ada pada kebocoran kepala gisket silinder. Tekanan di dalam radiator yang disebabkan oleh kebocoran kompresi adalah dengan adanya gelembung udara di radiator dan suhunya menjadi semakin meningkat. Selain itu, akibat kerusakan ini juga dapat menyebabkan bagian piston meleleh dan bagian kepala silinder mesin bengkok.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini