Share

Canggih, Begini Cara Kota Paris Tangkap Pengguna Knalpot Bising

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 Februari 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 52 2551146 canggih-begini-cara-kota-paris-tangkap-pengguna-knalpot-bising-pMJtdNSuvb.jpg Kota Paris, Perancis (dok Freepik)

KOTA Paris di Perancis memiliki cara tersendiri untuk menindak pengendara yang menggunakan knalpot berisik di jalanan.

Melansir Guardian, Pemerintah setempat rupanya menggunakan radar khusus untuk menangkap suara berisik kendaraan bermotor.

Dengan penggunaan teknologi canggih ini, maka para polisi tidak perlu turun ke jalanan untuk menilang para penghasil polusi suara tersebut.

Radar tersebut disematkan di tiang-tiang lampu penerang jalan. Kemudian, radar akan menangkap suara knalpot kendaraan dan sekaligus mendapatkan nomor platnya memanfaatkan kamera yang terpasang.

infografis

Radar itu saat ini masih dalam tahap uji coba di mana pemasangannya baru terbatas pada beberapa distrik saja.

Dalam beberapa bulan ke depan, radar ini sudah akan bisa mengidentifikasikan kendaraan berdasarkan pelat nomor yang terekam kamera.

"Terlalu bising membuat orang muak. Demi kesehatan dan kualitas hidup, ini merupakan radar udara pertama yang bertujuan memberikan denda langsung secara otomatis pada kendaraan yang menghasilkan terlalu banyak kebisingan," ucap Wakil Walikota Prancis, David Belliard.

Pengaplikasian radar suara knalpot bising ini ditargetkan mulai akhir 2022. Sementara pemberian denda tilang ditargetkan mulai dilakukan pada 2023.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini