Share

Fungsi Radiator dan Cara Kerjanya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 52 2551176 fungsi-radiator-dan-cara-kerjanya-TYm7si9yiO.jpg Ilustrasi isi air radiator (Okezone)

FUNGSI radiator pada sebuah kendaraan bermotor seperti mobil sangatlah penting dan krusial. Selain mobil, saat ini ada beberapa jenis kendaraan roda dua yang memiliki radiator pada mesinnya. Lalu bagaimana fungsi dan cara kerja radiator?

Radiator adalah sebuah komponen yang ada pada mesin kendaraan sebagai sistem pendingain dengan berbagai komponan yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Komponen dalam radiator agar dapat bekerja secara maksimal antara lain Upper Tank, Radiator Core, Lower Tank, Sirip Radiator, Drain Plus, dan Radiator Cap.

 BACA JUGA: Pahami Fungsi Tutup Radiator dan Cara Kerjanya

Fungsi Radiator

Fungsi dari adanya radiator di dalam mesin kendaraan bermotor adalah sebagai pendingin. Seperti yang kita ketahui, kendaraan yang tengah menyala atau sedang dalam posisi dikendarai, di dalam mesin tersebut terdapat reaksi pembakaran yang dapat menimbulkan suhu panas.

 

Suhu panas tersebut akan terus meningkat selama mobil masih dalam kondisi menyala atau dikendarai. Disinilah fungsi radiator, yaitu untuk menstabilkan suhu atau temperatur yang ada di dalam mesin mobil agar tidak terjadi overheat atau panas berlebih.

Karena apabila terjadi overheat pada mesin kendaraan akan menyebabkan beberapa kerusakan. Seperti menjadikan mobil mogok. Maka dari itu, bagi anda yang sering menggunakan kendaraan bermotor ada baiknya untuk menjaga kesehatan radiator kendaraan anda.

 BACA JUGA: Kenali 3 Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor

Cara Kerja Radiator

Sebagai pendingin mesin mobil, cara kerja radiator adalah dimulai dari air atau coolant yang ada pada radiator dengan suhu netral menuju ke saluran yang mengelilingi mesin dengan tujuan untuk mengerap panas.

Selama proses ini, air akan menyerap dan juga membawa suhu panas pada mesin lalu membawanya ke radiator. Setelah itu, air akan menuju ke Upper Tank dan disinilah proses pendinginan terjadi.

Kemudian, air akan diteruskan ke dalam Radiator Core yang memiliki fungsi sebagai pembuang suhu panas ke udara. Radiator Core juga dibantu oleh kipas radiator untuk mengisap udara pada sirip-sirip Radiator Core.

 Ilustrasi

Setelah suhu panas dipindahkan ke udara, air menjadi dingin kembali. Kemudian air tersebut akan berputar kembali seperti sebelumnya.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Fungsi Radiator dan Cara Kerjanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini