Share

Cara Melepas Aki Mobil yang Benar, Perhatikan Kutub Negatif

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 52 2551747 cara-melepas-aki-mobil-yang-benar-perhatikan-kutub-negatif-wqSwTpLFGM.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

SIMAK cara melepas aki mobil yang benar. Aki merupakan komponen yang sangat vital pada kendaraan anda. Aki menjadi baterai pada kendaraan yang memiliki fungsi sebagai penyedia dan pentimpan energi listrik pada mobil.

Seperti dinamo starter, lampu, dan juga sistem elektrik pada mobil. Maka dari itu, jika aki tidak bisa bekerja dengan baik maka banyak sistem pada mobil anda yang sulit menyala.

Perlu adanya perawatan pada aki mobil. Sebagai pemilik mobil tentunya anda harus bisa melepas aki mobil dengan benar agar tidak menyebabkan masalah.

Lantas, bagaimana cara melepas aki mobil yang benar? Berikut ulasannya.

infografis

Lakukan Dengan Hati-hati

Karena aki adlaah penyalur daya listrik pada kendaraan anda, maka untuk melepas aki harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga kendaraan.

Perhatikan Kutub Negatif

Aki memiliki dua kutub, yaitu positif dan negatif. Untuk melepas aki, anda harus memperhatikan kutub negatif telebih dahulu. Lepaskan baut, kabel, dan klem yang terpasang pada kutub negatif aki. Hal ini akan menghindari hubungan pendek arus listrik yang apabila terjadi akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda.

Lepaskan Kutub Positif

Setelah kutub negatif terlepas, anda dapat beralih ke kutub positif. Lepaskan seluruh bagian yang ada pada kutub positif seperti anda melepaskan bagian pada kutub negatif..

Angkat Aki Secara Perlahan

Jika anda sudah selesai melepaskan kabel, klem, dan juga kutub positif dan negatif pada aki, langkah selanjutnya adalah mengangkat aki dengan hati-hati dan posisi tegak lurus. Hal ini untuk menghindari cairan yang ada di dalam aki tumbah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini