Share

Cara Pasang Aki Mobil, Berikut Panduannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 52 2552418 cara-pasang-aki-mobil-berikut-panduannya-qACPeSwYWc.jpg Ilustrasi aki mobil (Freepik)

CARA pasang aki mobil tidak bisa sembarangan. Salah-salah malah membuat aki mobil anda rusak dan berdampak buruk pada mesin mobil anda. Tentunya hal tersebut tidak anda inginkan, bukan? Maka dari itu, anda perlu mengetahui cara memasang yang benar.

Aki memiliki fungsi utama sebagai penyimpan daya listrik dan juga menyuplai daya listrik untuk mobil. Jika tidak ada aki dalam mobil maka kinerja mobil tidak akan maksimal. Maka dari itu, sebagai pengguna mobil anda harus tahu bagaimana cara merawat aki mobil agar tetap berfungsi normal.

 BACA JUGA: Cara Melepas Aki Mobil yang Benar, Perhatikan Kutub Negatif

Lantas, bagaimana cara pasang aki mobil agar tidak merusaknya? Berikut penjelasan Okezone.

Cara Pasang Aki Mobil

 

Langkah-langkah untuk memasang aki mobil adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan posisi aki baru

Sebelum memasang aki yang baru, pastikan anda sudah melepaskan aki yang lama dari mobil anda. Untuk memasang aki yang baru, anda harus memposisikan aki secara tegak lurus untuk menghindari cairan tumpah.


2. Perhatikan kabel positif dan negatif

 

Untuk pemasangan kabelnya, anda harus mendahulukan kabel positif terlebih dahulu lalu kabel negatif. Hal ini berfungsi untuk menghindari percikan api pada kabel positif.

3. Cek kabel dan klem

Jika seluruh kabel sudah terpasang sesuai dengan tempatnya, langkah selanjutnya adalah memastikan kabel dan klem telah terpasang dengan baik. Pastikan tidak ada kabel yang kendor atau tidak terkuncing dengan baik karena akan menyebabkan mobil tidak dapat menyala.

 Ilustrasi

4. Nyalakan mesin

Jika seluruh proses sudah anda lakukan, cara selanjutnya adalah menyalakan mesin mobil untuk mengetes apakah aki berfungsi dengan normal.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Cara Pasang Aki Mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini