Share

Aki Mobil Berapa Ampere? Berikut Penjelasaannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 52 2552425 aki-mobil-berapa-ampere-berikut-penjelasaannya-3kgGgcxwRz.jpg Aki mobil (Yuasa)

AKI mobil berapa ampere? Pertanyaan ini sering muncul pada orang yang baru pertama kali akan membeli aki untuk mobilnya. Nah, berdasarkan pertanyaan tersebut Okezone sudah menyiapkan jawabannya untuk anda.

Aki merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil. Fungsinya sama seperti baterai yang menyimpan energi listrik untuk disalurkan ke mobil. Untuk mencari ukuran ampere aki harus sesuai dengan kebutuhan mobil. Karena setiap mobil memiliki beban listrik yang berbeda-beda.

 BACA JUGA: Cara Melepas Aki Mobil yang Benar, Perhatikan Kutub Negatif

Lantas, aki mobil berapa ampere? Berikut Okezone jelaskan kepada anda.

Aki Mobil Berapa Ampere?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu tergantung kebutuhan mobil. Sehingga ukuran ampere yang dibutuhkan akan berbeda-beda untuk setiap mobil. Kesalahan memilih kapasitas aki mobil dapat menyebabkan aki cepat tekor dan dapat mengakibatkan kerusakan.

Contoh kesalahan yang sering terjadi adalah, seseorang membeli aki dengan daya yang terlalu kecil, padahal kapasitas daya yang dibutuhkan mobil cukup besar. Sehingga daya aki akan cepat habis. Jika sudah seperti ini cara yang perlu dilakukan adalah dengan mengisi ulang daya aki.

 

Agar tidak salah membeli aki mobil, sebaiknya anda mengukur aki mobil anda berapa ampere. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Cek Bodi Aki Mobil

Biasanya produsen akan mencantumkan informasi produknya pada bodi aki mobil yang telah terpasang di mobil anda. Satuan yang digunakan adalah Ampere Hour (Ah) dengan jumlah yang bermacam-macam seperti 55Ah atau 65 Ah.


2. Mengukur menggunakan alat ampere meter

Cara yang satu ini juga terbilang akurat. Pengecekan aki menggunakan ampermeter biasanya dilakukan oleh teknisi bengkel menggunakan alat ampermeter. Dengan alat ini anda akan tahu berapa ampere aki anda secara realtime

Demikian penjelasan Okezone mengenai Aki Mobil Berapa Ampere?. Semoga membantu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini