Share

Umur Aki Mobil, Kapan Harus Ganti?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 52 2552432 umur-aki-mobil-kapan-harus-ganti-FQNS03m8LY.jpg Memeriksa aki mobil (Istimewa)

UMUR aki mobil dapat mempengaruhi kinerja aki terhadap mesin mobil. Bagi anda yang sering menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari sebaiknya memperhatikan kesehatan aki mobil anda. Karena perawatan dapat mempengaruhi umur aki mobil.

Sama seperti komponen mesin pada umumnya, aki mobil juga memiliki jangka waktu pemakaian. Tentunya, jangka pemakaian lebih lama atau lebih singkat tergantung dari pemakaian mobil itu sendiri. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi umur aki mobil selain pemakaian, yaitu faktor cuaca.

 BACA JUGA: Cara Melepas Aki Mobil yang Benar, Perhatikan Kutub Negatif

Ketika mesin mobil bekerja maka akan menghasilkan panas tingkat tinggi. Apalagi ditambah dengan cuaca yang panas terik, hal itu akan semakin membuat mesin semakin panas dan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan aki anda.

 

Lantas, berapakah umur aki mobi? Dan kapan harus menggantinya? Berikut Okezone jelaskan untuk anda.

 BACA JUGA: Mengenal 3 Jenis Rem Cakram Mobil dan Cara Kerjanya

Umur Aki Mobil

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, umur aki mobil dapat tergantung pemilik atau pemakaian mobil itu sendiri. Namun, rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 hingga 5 tahun.

Mobil yang dipakai di daerah yang cenderung lebih dingin tentunya akan memperlama kinerja aki, sedangkan mobil yang sering dipakai di daerah yang panas akan memperpendek usia aki.

Hal tersebut karena suhu panas dapat mengakibatkan carian yang ada di dalam aki menguap dan merusak struktur internal aki.

Selain itu, mobil yang jarang dipakai juga dapat memperpendek usia aki. Karena mesin yang jarang dinyalakan akan membuat pengisian daya pada aki menjadi lebih minim dan tentunya akan berakibat pada kerusakan komponen.

 Ilustrasi

Kapan Ganti Aki?

Aki dapat diganti ketika anda sudah lama memakainya dan sudah terjadi tanda-tanda menurunnya performa aki. Seperti mobil sulit di starter atau lampu pada mobil mulai meredup.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Umur Aki dan Kapan Harus menggantinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini