Share

Kenali Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Matik

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 25 Februari 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 52 2552502 kenali-beda-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-matik-3SdWjv5tLD.jpg Ilustrasi oli (Freepik)

OLI transmisi pada mobil matik merupakan komponen krusial yang wajib diperhatikan para pengendara. Pasalnya, peranan komponen yang satu ini sangatlah penting.

Oli transmisi bertugas memperhalus gesekan pada saat pergantian transmisi sekaligus menghilangkan karat yang ada pada komponen. Tanpa adanya oli transmisi, pergantian transmisi akan mustahil untuk dilakukan.

Maka dari itu, penting untuk mengganti oli transmisi matik secara berkala. Karena dengan mengganti secara berkala, performa transmisi matik juga akan selalu terjaga.

 BACA JUGA: Intip Koleksi Mobil Menhub Budi Karya Sumadi, Toyota Vellfire hingga Mercy

Nah sayangnya, banyak yang beranggapan ganti dan kuras oli transmisi matik merupakan satu hal yang sama. Padahal, keduanya jelas berbeda. Perbedaan ada pada kapasitas oli pada transmisi yang diganti.

 Hermas Prabowo, pemilik Worner Matic menjelaskan, ganti oli matik itu hanya mengganti oli transmisi yang ada pada karter atau bak penampungan oli. Sedangkan kuras, mengeluarkan seluruh oli yang ada pada transmisi.

Menguras oli transmisi matik menurut Hermas hanya perlu dilakukan saat transmisi matik sudah mengalami keterlambatan proses perpindahan gigi. Alias saat transmisi matic mulai terasa delay atau sedikit berbunyi.

Lebih lanjut, dianjurkan untuk mengganti oli matic pada 10 ribu km. Tapi untuk mobil harian yang kerap terjebak macet, sangat disarankan untuk melakukan penggantian setiap 7 ribu km, seperti dilansir dari laman Carmudi.

 BACA JUGA: Cara Pasang Aki Mobil, Berikut Panduannya

“Melihat kondisi kemacetan yang parah, patokan jarak tempuh rasanya sudah tidak relevan lagi. Misal jarak 10 km biasa ditempuh 20-30 menit, ini bisa lebih dari 1 jam karena macet,” ujar Hermas.

Penggantian oli transmisi secra berkala dapat mengurangi kemungkinan penurunan performa transmisi matic dan kuras oli. Cukup dengan mengganti oli matic saja sudah bisa membantu menjaga performa.

Untuk kuras oli matic, Hermas menyarankan untuk mobil harian yang sering terkena macet bisa mengganti setiap 25 ribu km. 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini