Share

Aki Mobil Berapa Volt? Simak Penjelasannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 26 Februari 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 52 2552902 aki-mobil-berapa-volt-simak-penjelasannya-XzH50NU53Y.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

AKI merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Karena seluruh perangkat elektronikal pada mobil dapat menyala berkat adanya aki.

Perangkat tersebut diantaranya, lampu, klakson, mesin, hingga head unit pada mobil anda. Tentunya, memilih aki dengan tegangan yang dibutuhkan pada mobil anda akan memberikan supply listrik yang optimal.

Ada dua jenis tipe aki, yaitu aki kering dan aki basah. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

infografis

Tidak hanya itu, keawetan dan juga masa pakai dua jenis aki ini tergantung dari pemakaian dan juga perawatannya.

Kembali ke pertanyaan awal, aki mobil berapa volt? Berikut penjelasannya.

Aki Mobil Berapa Volt?

Besar tegangan atau voltase pada aki dalam kondisi normal harus berada diangka 12 hingga 12,5 volt. Dengan tegangan sebesar itu akan aki sudah dapat mendukung penggunaan komponen kelistrikan pada mobil anda. Sedangkan ketika mesin mobil dalam kondisi menyala, yang berarti aki sedang dalam kondisi di-charge, voltasenya bisa meningkat hingga sebesar 13 atau 14 volt.

Perlu diperhatikan, apabila voltase aki pada mobil anda kurang dari angka normal yang ditetapkan, maka bisa jadi performa aki mobil anda sudah melemah dan tidak bisa memasok listrik dengan maksimal.

Bagi anda pengguna aki basah dapat melakukan pengisian air hingga batas normal, sedangkan untuk pengguna aki kering dapat melakukan charge hingga voltase kembali normal.

Namun, perlu diketahui bahwa aki dengan voltase diatas rata-rata akan mengakibatkan kerusakan karena overcharge yang mengakibatkan sel aki terlalu panas dan air di dalamnya mengalami penguapan.

Sebaiknya jika anda mengalami permasalahan pada aki, anda dapat membawanya ke bengkel dan meminta saran untuk menggantinya atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini