Share

Tips Merawat Motor Listrik, Gampang Banget Antiribet

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 27 Februari 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 87 2553508 tips-merawat-motor-listrik-gampang-banget-antiribet-YhRKTXw7zT.JPG Motor listrik (Foto: Ist)

GELIAT motor listrik Tanah Air terus berkembang. Kini sudah banyak produk motor listrik yang tersedia dari berbagai jenis dan berbagai pabrikan.

Kalian yang tertarik memboyong motor listrik baiknya jangan langsung asal beli. Tapi Cari tahu dulu bagaimana perawatannya agar motor bisa awet.

Motor listrik sendiri berbeda dengan motor konvensional pada umumnya. Tunggangan yang satu ini tidak memiliki mesin, piston, transmisi, atau bahkan oli.

Beda konsep tentu beda juga perawatannya. Berikut tips merawat motor listrik agar awet, seperti diolah dari laman Carmudi, Sabtu, 26 Februari 2022.

Ganti van belt berkala

Seperti diketahui, van belt berfungsi untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang agar motor bisa melaju. Dengan tugasnya yang berat, komponen ini punya masa pakai tertentu.

Van belt motor listrik sebaiknya diganti saat kilometer menyentuh 3.000 km. Ini dilakukan untuk menghindari van belt yang telah usang putus di jalan. Van belt motor listrik sendiri dibandrol dengan harga Rp135 ribuan.

Infografis Mitos Motor Matik

Hindari banjir

Meskipun motor listrik sudah dirancang sedemikian rupa agar tetap aman walau terkena air, tetap harus waspada, mengingat motor ini memiliki banyak komponen yang bisa saja koslet.

Bagi kalian yang ingin memiliki motor listrik sebaiknya harus tahu dulu bahwa ada baiknya menghindari jalur yang terendam banjir. Jangan nekat, ini demi motor listrik yang awet.

Hindari cuci motor dengan kompresor

Motor listrik memiliki semacam kisi-kisi udara yang bisa menjadi celah air menyusup ke sistem kelistrikan di bagian kolongnya. Ini memungkinkan air masuk dan merusak sistem kelistrikan tersebut.

Jika kalian ingin mencuci motor listrik harus lebih berhati-hati. Agar lebih aman, hindari mencuci motor dengan menggunakan kompresor karena dengan kompresor, tekanan air akan tinggi dan bisa masuk ke sistem kelistrikan tadi.

Cabut baterai jika tak digunakan

Baterai akan mengalami self discharge ketika motor tidak digunakan. Seperti diketahui, walau motor dalam kondisi mati tapi tetap ada listrik yang terpakai, misalnya untuk alarm.

Untuk itu, lepas baterai ketika motor tidak akan digunakan pada jangka waktu yang cukup lama. Tapi sebelum melepasnya, pemilik disarankan untuk mengisi daya baterai terlebih dahulu hingga penuh.

Perhatikan sistem pengereman

Mengingat fungsinya yang sangat krusial, usahakan melakukan pengecekan kampas rem baik untuk ban depan ataupun ban belakang secara rutin.

Pengecekan dilakukan setiap dua atau tiga bulan sekali. Jika dilihat performanya menurun, sebaiknya segera lakukan penggantian. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini