Share

Ketahui Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 27 Februari 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 53 2553789 ketahui-penyebab-aki-motor-tidak-mengisi-731T6cT9en.jpg Ilustrasi charger aki (Motorcycle)

PENYEBAB aki motor tidak mengisi daya ternyata cukup beragam. Sebagai pecinta motor tentunya anda harus paham mengenai penyebab ini. Karena jika anda telat menyadari aki motor tidak dapat mengisi tentu akan menyusahkan anda.

Aki pada motor memiliki fungsi yang sama seperti aki pada mobil, yaitu sebagai pemasok kebutuhan listrik kendaraan. Proses pengisian daya aki dilakukan ketika kendaraan sedang dalam kondisi menyala, sehingga apabila motor tidak pernah digunakan maka komponen pertama yang rusak adalah akinya.

 BACA JUGA: Aki Mobil Berapa Volt? Simak Penjelasannya

Lalu, bagaimana penyebab aki motor tidak dapat mengisi daya padahal sering digunakan? Berikut penjelasannya.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

 

 

1. Cek kondisi Kiprok

Kiprok adalah salah satu komponen terpenting dlam aki. Berfungsi sebagai penyesuai besar kecilnya tegangan listrik yang akan dialirkan. Karena listrik yang masuk ke dalam aki harus sesuai kebutuhan. Jika aki anda tekor, cobala untuk mengecek kiproknya terlebih dahulu.

2. Cek kondisi Spul

Spul adalah komponen yang menghasilkan listrik lewat magnet yang digerakan. Untuk mengecek kondisi spul rusak atau tidak anda bisa menggunakan alat Multitester.

 BACA JUGA: Apakah Aki Kering Bisa Dicas? Simak Penjelasannya

3. Bore-up

Bore-up berfungsi untuk memperbesar kapasitas silinder maupun cc mesin. Memodifikasi motor menjadi bore-up ini sering dilakukan oleh pecinta motor. Sayangnya, menggunakan bore-up jika tidak sempurna dapat membuat aki tekor dan sistem kelistrikan terganggu.

4. Modifikasi berlebihan

Modifikasi yang dilakukan secara berlebihan seperti penambahan lampu dan mengganti klakson juga dapat menjadi salah satu sebab aki motor mudah tekor. Hal ini terjadi karena konsumsi daya listrik akan tambah besar dan jika sistem kelistrikan diabaikan tentu akan menyebabkan aki rusak.

 Ilustrasi

5. Perhatikan kebersihan aki

Kebersihan aki tentunya harus anda jaga, karena jika aki kotor akan menyebabkan masalah ketika mesin dinyalakan. Hal itu disebabkan karena senyawa kimia yang ada di dalam aki akan menimbulkan plak atau karat pada terminal. Jika sudah terlalu banyak plak maka penyetruman tidak akan maksimal dan aki menjadi tekor.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini