Share

Kenali 4 Cara Merawat Busi Motor Agar Tetap Jos

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 28 Februari 2022 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 53 2553902 kenali-4-cara-merawat-busi-motor-agar-tetap-jos-2QUrSAyJGH.jpg Busi motor (Ist)

BUSI termasuk komponen penting dalam menunjang kinerja kendaraan bermotor. Fungsinya menciptakan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi di ruang bakar.

Ketika percikan api itu membakar campuran bensin dan udara yang terkompresi, maka terjadilah ledakan di ruang bakar dan menjadi daya untuk menggerakan sepeda motor.

 BACA JUGA: Ketahui Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Busi patut mendapat perhatian dan perawatan agar kinerjanya tetap terjaga, sehingga proses pembakaran di dalam ruang bakar tetap sempurna.

Busi dengan kondisi tak baik tentu akan membuat pembuat proses pembakaran tidak optimal, yang berujung pada performa motor yang juga tidak maksimal.

 

Melansir dari laman resmi Astra Honda Motor, berikut cara rawat busi motor.

1. Cek kondisi ujung elektroda

Busi memiliki ujung elektroda. Kalian perlu cek kondisinya. Jika ujung elektroda berwarna abu-abu atau merah bata, itu artinya busi dalam kondisi baik dan normal.


Busi yang sudah tak layak pakai akan berwana gelap kecoklatan menandakan bahwa masa penggunaan busi sudah habis. Jika sudah begini, busi harus segera diganti.

2. Bersihkan kotoran pada ujung elektroda

Dalam membersihkan kotoran sisa pembakaran yang menempel di ujung elektroda, gunakanlah cairan semprot yang bersifat non-metal seperti brake cleaner.

Jangan sekali-kali menggunakan amplas dan cairan yang bersifat abrasif terhadap karat karana bisa mengikis permukaan plating atau elektroda busi.

3. Cek keausan elektroda

Busi dengan kondisi yang masih baik bentuk elektrodanya berbentuk kotak. Jika bentuk elektroda sudah berubah, itu artinya elektroda busi motor sudah aus dan perlu diganti.

 Ilustrasi

4. Ganti busi secara berkala

Waktu penggantian busi bisa dicek dalam buku servis. Namun jika kondisi busi sudah tidak layak sebelum jadwal penggantian, segera ganti busi supaya kerja mesin tetap optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini