Share

Terjaring Razia, Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Diarahkan Servis di Bengkel

Antara, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 52 2554630 terjaring-razia-kendaraan-tak-lolos-uji-emisi-diarahkan-servis-di-bengkel-cty5m3lpEE.jpg Razia uji emisi kendaraan di Jalan Joglo Raya, Kembangan, Jakarta Barat (Antara/Walda)

PEMERINTAH Kota Jakarta Barat menggelar razia uji emisi kendaraan bermotor di Jalan Joglo Raya, dekat halaman parkir Burger King Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (1/3/2022) pagi.

"Hari ini kita melaksanakan uji petik untuk uji emisi. Kita berhentikan kendaraan di jalan, dicek plat nomornya apakah sudah lulus uji emisi atau belum," kata Pelaksana tugas Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Enrile Indro Prasetyo, di lokasi razia.

 BACA JUGA: Tips Agar Mobil Lulus Uji Emisi Kendaraan, Biar Enggak Kena Tilang Rp500 Ribu

Menurut Enrile, pada razia tersebut petugas memeriksa nomor polisi setiap kendaraan dengan aplikasi E-Emisi. Jika berdasarkan aplikasi tersebut kendaraan itu belum melakukan uji emisi, maka petugas akan mengarahkan pengendara agar kendaraannya diuji emisi di tempat.

 

"Jika diuji emisi kendaraannya tidak lolos atau tidak memenuhi syarat, kita arahkan untuk menservis kendaraannya di bengkel," kata dia.

 BACA JUGA: Catat! Ini Biaya Resmi Uji Emisi Mobil di Jakarta, Berikut Tempat Tesnya

Menurut Enrile, kegiatan uji petik uji emisi ini dilakukan untuk mengambil sampling jumlah motor dan mobil yang sudah lolos uji emisi. Hasil tersebut akan ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sebagai bahan evaluasi.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya uji emisi kendaraan dan kebersihan udara," katanya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini