Share

Dampak Invasi Ukraina, Volvo Tangguhkan Pengiriman Mobil ke Rusia

Antara, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 52 2554677 dampak-invasi-ukraina-volvo-tangguhkan-pengiriman-mobil-ke-rusia-DxImFwPnUj.jpg Volvo (Reuters/Antara)

PRODUSEN mobil Swedia Volvo Cars pada Senin 28 Februai 2022 waktu setempat mengatakan akan menangguhkan pengiriman mobil ke pasar Rusia, sampai pemberitahuan lebih lanjut, menyusul sanksi atas invasi Moskow ke Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan melalui email, sebagaimana dilaporkan Reuters, perusahaan mengatakan telah membuat keputusan karena "potensi risiko yang terkait dengan materi perdagangan dengan Rusia, termasuk sanksi yang dikenakan oleh UE dan AS."

 BACA JUGA: Volvo Tagih Utang ke Korea Utara Rp4,47 Triliun, Ini Faktanya

"Volvo Cars tidak akan mengirimkan mobil apa pun ke pasar Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata perusahaan itu.

Seorang juru bicara Volvo mengatakan produsen mobil mengekspor kendaraan ke Rusia dari pabrik di Swedia, China, dan Amerika Serikat.

 

Volvo menjual sekitar 9.000 mobil di Rusia pada tahun 2021, berdasarkan data industri.

Sebelumnya, pembuat truk Swedia AB Volvo mengatakan telah menghentikan semua produksi dan penjualannya di Rusia karena krisis Ukraina. Baca selengkapnya

 BACA JUGA: Gandeng Perusahaan Teknologi, Volvo Kembangkan Kaca Depan Augmented Reality

Pembuat truk Jerman Daimler Truck juga mengatakan akan membekukan kegiatan bisnisnya di Rusia dengan segera, termasuk kerjasama dengan pembuat truk Rusia Kamaz.

Pekan lalu beberapa perusahaan, termasuk Volkswagen dan Renault dan pembuat ban Nokian Tires menguraikan rencana untuk menutup atau mengalihkan operasi manufaktur menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini