Share

Hati-Hati Tilang Elektronik Akan Diberlakukan di Jalan Tol, Ini Daftar Lokasinya

Antara, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 52 2555057 hati-hati-tilang-elektronik-akan-diberlakukan-di-jalan-tol-ini-daftar-lokasinya-aMgpQTqLEP.jpg Ilustrasi mobil di jalan (dok Freepik)

JAKARTA - Korlantas Polri berencana untuk memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol. ETLE ini nantinya akan menangkap pelanggaran lalu lintas, pelanggaran muatan berlebih bagi truk pengangkut, dan batas kecepatan.

"Saat ini sudah ada tujuh titik untuk Weigt in Motion (WIM), kemudian ada 5 titik speed cam. Nantinya semuanya akan terkoneksi dengan ETLE yang ada di Korlantas," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan.

infografis

"Ini belum diberikan tindakan selama 30 hari ke depan, masih diberi peringatan saja. Kami sosialisasikan dulu kepada masyarakat pengguna jalan," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam tahap awal penerapan, Korlantas Polri akan memberlakukan E-TLE ini di jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga.

Ada beberapa lokasi jalan tol yang diterapkan tilang elektronik ini, yakni di Tol Cakung, Tol Cikampek, dan beberapa gerbang tol.

"Ke depannya mungkin para pengelola jalan tol lain bisa berkontribusi dan berkolaborasi mengintegrasikan kameranya kepada E-TLE Korlantas," ujar Aan.

Penerapan tilang elektronik di jalan tol ini diharapkan dapat menjadikan jalan tol di Indonesia menjadi lebih modern dengan sistem yang terintegrasi secara elektronik.

Selain itu, transformasi digital juga diharapkan benar-benar diterapkan di jalan tol.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini