Share

Viral Sopir Bus Melaju Ugal-Ugalan di Tol Trans Jawa, Ingat Bisa Kena Denda Jutaan Rupiah

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 52 2556089 viral-sopir-bus-melaju-ugal-ugalan-di-tol-trans-jawa-ingat-bisa-kena-denda-jutaan-rupiah-y6imYzavLt.jpg Sopir bus melaju ugal-ugalan (dok Instagram)

VIRAL sebuah video sopir bus melaju ugal-ugalan di Tol Trans Jawa hingga membuat pengemudi lainnya harus mengalah.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia dilansir Okezone pada Jumat (4/3/2022).

Dalam video tersebut terlihat satu unit bus melaju dengan kecepatan tinggi di lajur kiri Tol Trans Jawa.

Bus tersebut tiba-tiba melakukan manuver berbahaya dengan langsung pindah lajur kanan secara mendadak untuk menghindari tabrakan dengan truk yang ada di depannya.

infografis

Hal ini membuat bus yang sedang melaju di lajur kanan terpaksa memperlambat kecepatannya hingga menyerempet beton yang menjadi pembatas jalan.

Aksi arogan sopir bus itu tentu tidak hanya membahayakan diri dan penumpangnya, namun juga berpotensi mencelakai pengguna jalan lain.

Berkaca dari peristiwa ini, sebenarnya terdapat sanksi apabila pengemudi ugal-ugalan loh. Hal ini berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2009 pasal 105, setiap orang yang menggunakan jalan wajib berperilaku tertib dan (atau), mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan.

Lalu Pasal 106, yang juga masih sama ada di bagian keempat, mengenai ketertiban dan keselamatan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Apabila pengendara masih ada yang belum sadar akan perilaku berkendaranya yang sembarangan, berikut beberapa pidana dan denda pada Pasal 311, yang akan dibebankan kepada pengemudi lalai dan ceroboh.

1. Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan, bagi nyawa atau barang, dipidana penjara paling lama 1 tahun atau denda Rp3 juta.

2. Perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat 1, yang sampai mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan (atau) barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat 2, dipidana penjara paling lama 2 tahun atau denda Rp4 juta.

3. Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat 1, dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan dan (atau) barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat 3, dipidana penjara paling lama 4 tahun atau denda Rp8 juta.

4. Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat 1, mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, dengan korban luka berat, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat 4, dipidana penjara paling lama 10 tahun, atau denda Rp20 juta.

5. Terakhir, perbuatan serupa sebagaimana dimaksud pada ayat 4 dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana penjara paling lama 12 tahun, atau denda Rp24 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini