Share

Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir, Teliti Sebelum Membeli!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 04 Maret 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 52 2556260 ciri-ciri-mobil-bekas-terendam-banjir-teliti-sebelum-membeli-jIrt6MLfyb.jpg Mobil terendam banjir di Jakarta (Okezone.com/Arif)

DALAM membeli mobil bekas tentu perlu ketelitian. Jika asal-asalan bukan tidak mungkin akan menjumpai penyesalan di hari mendatang, apalagi jika ternyata mobil yang dibeli sudah pernah terendam banjir.

Mobil bekas banjir sudah pasti memiliki sejumlah masalah, baik di interior, eksterior, hingga komponen mesin. Untuk itu sebaiknya ketahui ciri-ciri mobil bekas terendam banjir. Berikut cirinya, seperti diolah dari Auto2000

1. Berkarat

Ciri-ciri mobil bekas banjir yang pertama adalah berkarat. Mungkin memang sulit melihat bagian-bagian yang berkarat secara kasat mata. Namun coba perhatikan bagian baut di bagian rem tangan. 

BACA JUGA: Ciri-Ciri Mobil Bekas Pernah Turun Mesin, Teliti Sebelum Membeli!

Jika sudah basah atau berkarat, maka ada kemungkinan bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir. Sebaiknya periksa dengan teliti hingga detail seperti di bagian bumper agar Anda bisa melihat kondisinya lebih jelas.

2. Tercium bau tak sedap

Banjir yang sudah masuk ke bagian interior mobil akan meninggalkan aroma tidak sedap. Terhitung sulit dihilangkan, aroma ini bisa muncul layaknya bau apek atau menyengat. Terkadang masih ada endapan kotoran atau lumpur di sana. 

BACA JUGA: Kenali 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan, Jangan Sampai Nyesel Setelah Beli

Bau akan semakin menyengat jika pemilik mobil sudah melakukan usaha pembersihan menggunakan zat penghilang bau seperti kopi hingga pewangi. Namun dikarenakan pemakaiannya terlalu banyak, maka aroma yang dihasilkan malah semakin buruk.

3. Harga terlalu murah

Setiap mobil memiliki harga pasaran yang berbeda-beda, apalagi jika berbicara mengenai mobil bekas. Namun jika menemukan mobil dengan harga yang terlalu murah, sebaiknya hati-hati karena bisa saja mobil tersebut bekas banjir.

Itulah ciri-ciri mobil bekas terendam banjir. Jika menemukan ciri di atas, harus dipikir dua kali sebelum membeli. Kalian juga bisa melakukan pengecekan kembali jika masih ragu. Pengecekan bisa dilakukan dengan langkah berikut.

- Periksa riwayat rerawatan nobil

Mobil yang dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya pasti memilih riwayat perawatan yang jelas. Dari perangkat elektronik, mesin mobil, hingga jok mobil. Selain itu terkadang ada juga riwayat klaim asuransi.

 Ilustrasi

Dengan hal ini, maka kalian bisa mendapatkan gambaran apakah mobil tersebut merupakan bekas terkena air banjir atau tidak.

- Cek asal muasal mobil

Ada beberapa titik daerah yang terhitung rawan banjir. Kalau sudah begini, sebaiknya cek asal muasal mobil. Apakah memang sempat berada di daerah rawan banjir atau tidak.

Jika memang ada di sana, sebaiknya pikirkan secara matang kalau memang mau membeli mobil tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini