Share

Tagihan Isi Ulang Baterai Pemilik Mobil Tesla Tembus Rp8,6 Miliar, Begini Faktanya

Wahyu Sibarani, Koran SI · Selasa 08 Maret 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 52 2557977 tagihan-isi-ulang-baterai-pemilik-mobil-tesla-tembus-rp8-6-miliar-begini-faktanya-XjXOWP1UCs.jpg Ilustrasi mobil listrik (dok Freepik)

PEMILIK mobil listrik Tesla Model 3 di China harus segera melunasi tagihan isi ulang baterai mencapai USD600.000 atau setara Rp8,6 miliar.

Jika tidak dilunasi maka mobil listrik buatan Elon Musk itu tidak akan bisa melakukan isi ulang baterai di fasilitas Supercharger milik Tesla.

Peristiwa itu bermula saat pemilik mobil listrik itu menerima pemberitahuan tagihan dari aplikasi bawaan Tesla.

Di aplikasi itu disebutkan mobil listrik miliknya telah mengkonsumsi daya sebesar 1.923.720 kWh atau nyaris mencapai 2 gWh.

infografis

Setelah dihitung-hitung biaya konsumsi itu mencapai USD600.000 atau mencapai Rp8,6 miliar.

Jika tidak segera dibayar maka mobil listrik miliknya sama sekali tidak akan bisa memanfaatkan fasilitas Supercharger milik Tesla.

Uniknya disebutkan Auto Hindustan Times pemilik mobil listrik itu justru merasa ada yang aneh dengan tagihan itu. Pasalnya dia membeli mobil itu di 2020.

Jadi kalau pun dia sering mengisi ulang baterai mobil listrik, tagihannya tidak akan sebesar itu.

Untuk konsumsi daya yang nyaris mencapai 2 gWh, dia harusnya telah melakukan isi ulang sebanyak 32.000 kali. Itu mustahil karena dia baru memiliki mobil di 2020.

Lagi pula di saat yang bersamaan dia masih memiliki bonus gratis isi ulang.

Setelah dikomplain langsung, Tesla akhirnya memeriksa kembali informasi yang dikirimkan ke aplikasi. Begitu diselidiki ternyata ada kesalahan dari sistem aplikasi bawaan Tesla.

Alhasil sistem itu mengelurkan informasi jumlah konsumsi daya yang harus segera dibayar.

Auto Hindustan Times menyebutkan masalah itu akhirnya memang diselesaikan tanpa perlu adanya pembayaran. Hanya saja dikhawatirkan kesalahan yang sama juga dialami oleh pemilik mobil listrik Tesla lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini