Share

Beli Kendaraan Bekas? Berikut Cara Cek BPKB Asli atau Palsu

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 11 Maret 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 87 2559450 beli-kendaraan-bekas-berikut-cara-cek-bpkb-asli-atau-palsu-HmJw6nVnK2.jpg Ilustrasi BPKB (dok ANTARA)

BELI mobil bekas memang dapat menghemat kantong. Tapi ketika melakukan pembelian dituntut lebih teliti, mulai dari memeriksa kondisi mobil hingga keaslian dokumen BPKB dan STNK.

Mendapati mobil bekas dengan dokumen palsu tentu akan sangat merugikan. Kita tidak akan bisa membayar pajak saat tiba waktu jatuh tempo dan dianggap bukan pemilik resmi kendaraan.

Nah untuk itu, perlu melakukan pemeriksaan atau pengecekan dokumen kendaraan dengan cermat. Caranya sendiri tidak begitu sulit.

Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir NTMC Polri.

Memeriksa keaslian BPKB

- Lihat sampul BPKB. Sampul BPKB asli dibuat dengan lebih mengilap, sementara BPKB palsu umumnya berwana buram.

- Cek warna hologram. Pada BPKB asli, hologram berwarna abu-abu dan tidak berubah warna saat diterawang. Sementara BPKP palsu akan berubah menjadi warna kuning ketika diterawang.

- Lihat nomor seri di bawah hologram. Ada nomor seri yang tertulis di bawah hologram, nomor tersebut dibuat dengan tujuan untuk membedakan domisili. Terdapat kode-kode yang menunjukkan asal Polda dokumen tersebut diterbutkan. Data ini bersifat rahasia dan tidak dipublikasi luas.

infografis

- Periksa lambang Korlantas. Pada lembar buku BPKB halaman 14 terdapat lambang Korlantas yang jika disiniari menggunakan cahaya ultraviolet akan terlihat. Selain itu permukaan lembar tersebut juga akan terasa kasar ketika diraba. Sementara pada PBKP palsu lembar kertas akan terasa rata.

Follow Berita Okezone di Google News

Memeriksa keaslian STNK

- Periksa stiker hologram. Pada sisi kanan atas STNK terdapat hologram yang halus. Periksa hologram ini bisa dilakukan seperti cara mengecek hologram BPKB.

- Lubang-lubang tipis pada lembar STNK. Perhatikan sisi kanan lembaran STNK, jika STNK itu asli akan terdapat lubang-lubang tipis membentuk tulisan STNK. Sementara pada STNK palsu lubang-lubang tipis itu tidak ada.

- Cek barcode STNK. Ada barcode pada STNK yang jika dilakukan scan akan muncul angka atau identitas pemilik kendaraan. Sementara pada STNK palsu barcode itu hanya berupa hiasan dan tak memiliki fungsi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini