Share

Mengenal Sistem Kemudi Motor dan Jenisnya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 53 2560871 mengenal-sistem-kemudi-motor-dan-jenisnya-So89y0MW3A.jpg Ilustrasi (Okezone)

SISTEM kemudi pada sepeda motor merupakan barang krusial. Sistem kemudi diciptakan untuk mengontrol arah sepeda motor agar jalannya sesuai dengan keinginan pengemudi.

Selain untuk mengontrol arah sepeda motor, sistem kemudi juga berfungsi untuk menerima guncangan beban melalui garpu depan serta menjaga keseimbangan dan konsistensi sepeda motor.

Masalah sedikit saja pada sistem kemudi tentu bisa menimbulkan kecelakaan. Untuk itu, setiap komponen sistem kemudi harus selalu dicek kondisinya untuk menghindari ketidaknyamanan saat berkendara.

 BACA JUGA: Cara Aman Isi Freon AC Mobil di Rumah, Perhatikan Selangnya!

Diolah dari laman resmi Suzuki, sistem kemudi sepeda motor terdiri dari dua jenis yaitu caster dan trail. Keduanya diterapkan pada jenis motor yang berbeda.

Untuk kemudi caster, memiliki sudut kemiringan dari poros kemudi pada satuan derajat. Pada saat garis sejajar poros kemudi ditarik maka akan didapatkan sudut yang dihitung dan garis horizontal.

Ketika sudutnya kecil artinya akan memperpanjang jarak trail yang menyebabkan pengendalian motor jadi lebih baik pada jalanan lurus dengan kecepatan tinggi. Namun kurang enak ketika berada di kecepatan rendah dan menikung.

BACA JUGA: Menengok Booth Toyota di Jakarta Auto Week 2022 

Sementara kemudi trail, memiliki jarak antara titik potong dari garis melewati poros kemudi pada jalan mendatar atau horizontal ke arah titik tumpu ban depan ketika di atas jalan.

Dapat disimpulkan ketika sudut caster lebih besar maka jarak trail akan lebih kecil.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini