Share

Modifikasi Jupiter Z Road Race Harian, Mirip Tunggangan Rossi

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 15 Maret 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 312 2561273 modifikasi-jupiter-z-road-race-harian-mirip-tunggangan-rossi-YT0Mar00ai.jpg

MODIFIKASI Jupiter Z road race harian masih banyak digemari para kawula muda. Diketahui, motor bebek karya pabrikan Yamaha itu sempat diincar pecinta balap pada dekade tahun 2000an awal.

Yamaha Jupiter Z mulai diproduksi sejak tahun 2003 hingga 2009. Yamaha Jupiter Z menggunakan mesin 4 tak dengan kapasitas 110.3cc. Tenaga yang mampu dikeluarkan sebesar 8.8 Horsepower pada putaran 8.000 rpm dan torsi 0.92 kgf.m pada 5.000 rpm.

Jadi Okezoners, tahu kan kenapa motor ini sering digunakan pada ajang balapan. Karena memiliki torsi dan tenaga yang besar. Sekarang Yamaha Jupiter Z digantikan dengan Yamaha Jupiter Z1. selain desain yang baru, teknologinya juga berbeda.

Pada Jupiter Z lama, masih menggunakan karburator untuk pembakaran bahan bakar. Sedangkan Jupiter Z1 memakai sistem injeksi. Kelebihan sistem injeksi yakni penggunaan bahan bakar lebih irit dibandingkan karburator.

infografis

Pada zamannya, Yamaha Jupiter Z head to head melawan Honda Supra X. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas 110 CC.

Meskipun sudah lebih dari 10 tahun, Yamaha Jupiter Z masih banyak digunakan sebagai motor balap. Namun sayangnya, balapan yang digelar secara ilegal atau biasa disebut balapan liar.

Nah kali ini kita akan membahas Modifikasi Jupiter Z road race harian. Para modifikator atau bengkel-bengkel racing menggunakan Yamaha Jupiter Z sebagai bahan motor balap mereka. Alasannya, karena motor itu memiliki tenaga dan torsi yang besar.

Pada bagian mesin, tentunya sudah diboreup oleh mekanik agar lebih bertenaga dan siap melibas tiap lap pada sirkuit. Di sektor kaki-kaki, velgnya ada yang menggunakan velg racing. Namun ada juga yang mempertahankan velg jari-jari agar lebih kuat.

Shockbreaker juga diganti peredam yang menggunakan tabung. Alasannya lebih empuk dan stabil saat meliak liuk di sirkuit. Karena mesinnya sudah diupgrade, maka pembuangannya pun tak ketinggalan.

Mereka memasang knalpot racing yang disesuaikan dengan tenaga dan torsi mesin. Pada aspek pengereman, bengkel-bengkel mengganti disc brake atau piringan cakram rem depan dengan ukuran yang lebih besar.

Tujuannya agar pengereman lebih pakem dan menjaga keselamatan rider saat menurunkan kecepatan. Bagi motor balap, lampu-lampu tidak begitu penting. Alhasil banyak yang mencopot lampu dan dibuat batok’ buta’.

Setang pun ditekuk ala-ala motor para pebalap MotoGP. Alasannya agar motor lebih aerodinamis. Terkahir, cat atau tampilan bodi motor, kebanyakan diubah menjadi warga biru putih layaknya motor Sang Legenda Balap Valentino Rossi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini