Share

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Manual, Perhatikan Posisi Gigi!

Melati Septyana Pratiwi, MNC Portal · Selasa 15 Maret 2022 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 52 2561748 kesalahan-yang-sering-dilakukan-pengemudi-mobil-manual-perhatikan-posisi-gigi-VlkT34lD2i.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

BANYAK orang masih memilih mobil manual karena beberapa alasan. Mulai dari kemapuan melalui medan jalan yang beragam, hingga perawatan lebih murah serta muda dibandingkan mobil matik.

Kendati demikian, tak semua pengendara mampu mengendarai mobil manual dengan baik. Pada akhirnya, beberapa kesalahan yang dilakukan pengendara pun bisa berdampak pada kerusakan komponen mobil.

Kalau sudah begitu, biaya perbaikan akan membengkak. Sebenarnya apa saja kesalahan yang sering dilakukan para pengemudi mobil manual? Simak berikut ini.

1. Kaki Diletakan di Pedal Kopling Ketika Mobil Melaju

Meletakan kaki terus menerus di kopling mobil tidak dianjurkan karena mambuat kopling jadi lebih cepat aus dan berpotensi kecelakaan. Menurut keterangan dari Auto 2000, penempatakan kaki di kopling saat mobil melaju dapat menyebabkan release clutch pada kopling menekan tidak sempurna.

Alhasil terjadi lah gesekan berlebihan antara kampas koling dengan flywheel. Hal ini lantas menyebabkan kampas kopling lebih cepat habis.

infografis

2. Memasukan Gigi Saat Parkir

Banyak pengemudi tak menggunakan rem tangan saat parkir dan justru memasukkan gigi. Mereka beranggarapan hal ini ampuh menahan mobil. Namun sebenarnya kesalahan ini bisa memicu mobil terkejut ketika hendak dilakuakn starter.

3. RPM Rendah, Tapi Pakai Gigi Tinggi

Kombinasi gigi tinggi dan RPM rendah bisa mengehmat bahan adalah sebuah mitos belaka. Jika pengemudi masih melakukan ini, kerusakan kendaraan bisa terjadi.

Gear ratio yang dihasilkan akna lebih tinggi ketika pengemudi menggunakan gigi tinggi. Pada krhinya mesin bekerja menjadi lebih keras.

4. Mengistirahatkan Tangan di Tuas Persneling

Kebiasaan pengemudi menaruh tangan di persneling untuk 'mengistirahatkan' tangan bisa memberikan tekanan pada sistem di bawahnya. Jika terlalu sering melakukan ini, sistem mekanis persneling akan mengalami kerusakan.

5. Langsung Masuk Gigi 2 Setelah Starter

Ketika pengemudi melakukan starter mobil dan langsung berpindah ke gigi 2, hal ini dapat memicu beban mobil bertambah. Untuk menghindari kerusakan pada mobil, pengemudi sebaiknya memindahkan posisi persneling ke gigi 2 beberapa saat usai men-starter mobil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini