Share

Tips Jual Mobil Bekas, Jangan Cuma Pasang Foto di Platform Digital

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 16 Maret 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 87 2561957 tips-jual-mobil-bekas-jangan-cuma-pasang-foto-di-platform-digital-JvHTAhEbTq.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

BAGI kalian yang ingin menjual mobil, menyusun strategi merupakan satu hal yang perlu. Ini wajib dilakukan agar mobil bisa laku cepat namun dengan harga yang pantas.

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar mobil yang ditawarkannya bisa terjual atau paling tidak menarik perhatian calon pembeli.

Apa saja? Berikut ulasannya, seperti diolah dari laman resmi Carmudi:

1. Pastikan mobil dalam kondisi baik

Orang akan lebih tertarik pada mobil yang memiliki eksterior rapi dan terawat. Kalau perlu poles dulu ke salon mobil atau paling tidak usahakan eksterior mobil dalam kondisi bersih saat calon pembeli datang untuk melihatnya secara langsung.

Pastikan juga performa mesin dan fitur-fitur pendukung yang ada pada mobil masih oke. Usahakan semuanya berjalan normal mulai dari starter, AC, head unit, lampu-lampu, hingga sistem kelistrikan lainny aman.

infografis

2. Siapkan dokumen kendaraan

Dokumen kendaraan bermotor seperti STNK dan BPKB wajib ada di tangan saat mobil hendak dijual. Kalian juga bisa melengkapinya dengan dokumen lain seperti faktur, buku catatan perawatan, atau sertifikat garansi.

Jika BPKB belum dipegang karena mobil masih dalam status kredi bisa menjualnya lewat proses over kredit. Caranya memang tidak sesimpel menjual mobil yang sudah lunas, karena harus melibatkan leasing atau perusahaan pembiayaan.

3. Pasang harga wajar

Salah satu hambatan mobil bekas kurang dilirik oleh calon pembeli adalah harganya yang kurang pas. Harga yang terlalu tinggi bisa dipastikan akan membuat calon pembeli balik kanan.

Harga yang rendah juga bisa menyebabkan calon pembeli curiga. Apalagi terpaut cukup jauh di bawah angka pasaran akan membuat orang berpikir macam-macam terhadap mobil yang ditawarkan.

Untuk itu ada baiknya survei terlebih dahulu harga di pasaran. Caranya ialah dengan melihat harga mobil sejenis dengan tahun pembuatan yang sama dan penjualnya masih berasal dari satu daerah.

4. Tawarkan ke individu atau dealer

salah satu keuntungan menjual mobil bekas ke pembeli individu ialah harganya bisa dipertahankan. Tetapi butuh kesabaran untuk mendapatkan pembeli dari kalangan individu.

Di sisi lain, tak sedikit diler mobil bekas yang juga bersedia untuk membeli kendaraan kalian. Nanun biasanya harga yang diminta akan lebih rendah, karena mereka harus mendapatkan margin.

5. Manfaatkan platform digital

Memanfaatkan media sosial hingga situs web jual beli otomotif untuk menawarkan mobil yang hendak dijual. Salah satunya adalah grup jual beli mobil di Facebook.

Dengan menawarkan mobil di platform digital akan menjangkau pembeli dengan cakupan yang lebih luas. Agar lebih cepat laku, gunakan lebih dari satu platform.

6. Pasang foto dan keterangan yang jelas

Ketika menjual mobil di platform digital, usahakan foto mobil yang digunakan jelas. Trik paling mudahnya adalah dengan melakukannya pada siang hari di luar ruangan.

Ambil gambarnya dari berbagai sudut pandang, bukan hanya eksterior, tapi juga interior dan mesinnya. Foto-foto ini nantinya yang akan berbicara dengan calon pembeli.

Lengkapi juga dengan keterangan yang menggambarkan kondisi mobil. Bisa tipe dan tahun pembuatan, lokasi kendaraan, masa berlaku pajak, kondisi eksterior, interior, dan mesin.

Bahkan bila perlu menjelaskan sedikit kekurangan dari mobil tersebut, misalkan ada baret halus di bodi, jok sedikit kusam, dan lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini